Modifikasi Kawasaki D-Tracker 150 2010 Purwokerto, Kejar Bentuk yang Proporsional

Motorplus - Kamis, 20 Maret 2014 | 07:50 WIB

Bentuk supermoto yang gagah dengan postur tinggi, menjadi idaman Ade Nugroho. Dengan modal kuda besi milik sendiri, lajang yang berprofesi sebagai pengatur muatan kargo kapal laut di Pelabuhan Semarang ini coba kustom tampilan D-Tracker yang posturnya kecil dengan lingkar roda 14 inci menjadi semplakan yang gagah dengan kaki-kaki berjenjang. Macam model catwalk yang tinggi githu!

Caranya dengan aplikasi komponen sokbreker dari limbah trail 250 cc. “Dulu, pada awal eksperimen, memakai comotan limbah YZ 85 cc. Hasilnya, motor terlalu pendek. Padahal, ingin tampilan yang tinggi sesuai kaidah bentuk proporsional supermoto yang sebenarnya. Yaitu, lingkar roda 17 inci dan sok jangkung,” cuap pria kocak ini.

Setelah trial and error, akhirnya pria yang gaul disapa Ade ini nemu racikan yang pas. Pakai ajrutan depan KTM EXC 250! Lewat part ini, secara tampilan visual terlihat makin jauh dari bumi. Uwewww... Maksudnya, ground clereance makin tinggi.

Ade sendiri bukan modifikator, tapi dia cerdik mencari cara untuk modifikasi sendiri. Seperti pemasangan sokbreker depan. “Ukuran komstir KTM tentu saja berbeda dengan D-Tracker 150. Makanya saya ganti komstir depan agar sesuai lubang as D-Tracker. Gak tau itu laher komstir apa, yang penting ukurannya pas,” kekeh pria yang sudah turing ke Pulau Komodo bareng semplakannya ini.

Komponen peredam kejut bagian depan yang jangkung dikombinasi dengan monoshock Showa pada buritan. Sebab, Ade memakai swing arm Yamaha YZF 250. Sistem kerja monoshock tidak diubah bagian bawahnya. Karena, mengikuti dudukan sok asli pada swing arm. Hanya ada sedikit penyesuaian pada dudukan bagian atas sok agar pas dengan link as dudukan atas.

Untuk finishing, Ade kasih beberapa komponen yang mendukung tampilan. Seperti sepatbor depan-belakang yang comot milik YZF 250. Juga pilihan roda yang seronok agar terlihat kece namun juga nyaman dikendarai. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: Batllax 110/70-17

Ban belakang: Batllax 150/60-17

Pelek depan: Yoshimura 3,00X17

Pelek belakang: Yoshimura 4,25X17

Sok belakang: Showa

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular