Modifikasi Yamaha Mio 2006 Bandung, Maksimalkan Trek Lurus 180 Meter!

Motorplus - Kamis, 20 Maret 2014 | 14:00 WIB

Trek lurus yang dimiliki sirkuit Maulana Yusuf, Serang, lumayan panjang, sekitar 180 meter. Jalur lurus ini jadi bidikan supaya Yamaha Mio tim ZRC Pasir Indah Wijaya, jadi nomor satu di kelas Matic 150 cc Tune Up Open event Pertamina Enduro Nissin BRT Matic Race (PEBMR) 2014 Seri 1.

“Sirkuit Maulana Yusuf punya karakter stop and go, biasanya motor diseting galak di putaran bawah-tengah. Tapi, trek lurusnya lumayan panjang. Kurang lebih 180 meter lah! Membidik kencang di trek ini, power motor di seting galak di tengah-atas,” bilang Zaenal Abidin, sang mekanik tim.

Mula-mula kapasitas silinder dibore up pakai piston Izumi diameter 57,75 mm yang dikawal stroke 57,9 mm. Sekarang, isi silinder jadi 151 cc. Bibir piston diseting mendem 0,3 mm dan ditambah pemakaian paking 0,2 mm. Total mendem jadi 0,5 mm.  Konfigurasi tadi bikin perbadingan kompresi mesin 12 : 1.

Supaya power keluar di putaran tengah-atas, durasi kem Mio dikustom ulang sehingga hasil durasi in 265 derajat dan ex 268 derajat. Kem ini untuk mendorong klep in yang 29 mm dan klep ex yang 27 mm. Untuk klep sendiri, Zaenal aplikasi kepunyaan Honda CBR 250R. Head silinder dibikin model bathtub

Buat penyalur tenaga engine 151 cc, pully depan belakang masih pertahankan standarnya. “Hanya per CVT saja yang diganti dengan yang 1.500 rpm. Lalu, got roller yang diisi roller 5 gram rata dibikin lebih panjang dengan cara dikorek, supaya rpm atas bisa lebih panjang,” tunjuk mekanik yang buka workshop di bilangan Gede Bage, Bandung Timur, Jawa Barat.

Cuaca kala itu panas dengan kondisi lembab. Setingan karburator Keihin PE28 mm dibikin seimbang. Maksudnya enggak terlalu kering dan enggak terlalu basah. Caranya, karbu dijejalkan pilot jet ukuran 45 dan main jet 118. Mengakali sirkuit yang punya banyak tikungan dan bumpy, sok depan dibikin smooth.

“Karakteristik motor seperti ini, sesuai juga dengan pembalapnya yang cara bawa motornya perlahan namun pasti,” tutup Zaenal. Makanya, Handy Maulana sang joki berhasil finish dan bertengger di podium pertama event PEBMR seri 1 kelas Matic 150 cc TU Open.

Good job, sob! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Sok belakang: KTC Racing

Roller: Indopart

Pelek: Takasago Excel Asia 1.60 x 14

Ban: FDR Sport XR 90/80-14

CDI: BRT I-Max Pro

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular