Modifikasi Yamaha X-Ride 2013 Jakarta, Kena Virus Supermoto

Motorplus - Minggu, 23 Maret 2014 | 08:49 WIB

Demam supermoto bukan hanya menyerang para penunggang motor sport di tanah air. Tapi, virus ini juga semakin meluas menulari para pengguna skubek. Terlebih, matic yang sudah kental dengan nuansa supermoto seperti Yamaha X-Ride.

Coba sobat tengok X-Ride garapan Arif Rahman Hakim alias ‘Billy’ yang punggawa Billy Custom. Ubahan yang dilakukan terkesan simpel. Namun, hasilnya bisa jauh mengangkat tongkrongan matic Yamaha berdarah trail ini.

“Ubahan hanya difokuskan pada sektor kaki-kaki. Body, sudah sangat mendukung untuk dijadikan supermoto. Makanya hanya dicat ulang dan ditambah decal,” tegas Billy yang bengkelnya di Jl. Taruna Jaya No. 39C, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Agar suspensi depan bisa lebih tinggi, as sok diganti milik Kawasaki Edge lengkap dengan suling dan per soknya. Penggunaan as sok Edge di X-Ride, dianggap paling tepat oleh para modifikator. Selain sok bisa lebih tinggi, redaman yang diberikan juga maksimal.

Untuk suspensi belakang, gunakan produk aftermarket khusus untuk X-Ride. Lalu, agar terlihat lebih proporsional dengan bagian depan, ditambahkan braket peninggi sok. Hasilnya, buritan bisa lebih tinggi dan imbangi haluan.

“Mengentalkan rasa supermoto, dipasangkan ban-ban bertapak lebar dengan profil membulat. Karena tidak banyak ubahan di body, diameter peleknya tetap pertahankan lingkar 14 inci. Hasilnya tetap maksimal,” tambah Billy.

Sektor pengereman di bagian belakang tidak luput dari perhatian. Billy memasangkan disc brake dengan kaliper rem yang diambil dari Yamaha Nouvo. Untuk braketnya, adopsi milik Honda Vario 125 yang disesuaikan bentuk dan ukurannya. Selain fungsional, pemasangan cakram juga mengangkat tampilan di kaki-kaki belakang.

Finishingnya, Billy memasangkan beberapa part pemanis yang masih kental dengan nuansa supermoto. Seperti pemasangan stabilizer rangka, handle guard, dan knalpot racing.

So, hasilnya seperti sobat lihat sendiri. Meski ubahan tergolong simpel, namun nuansa supermoto sangat melekat di motor ini. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Zeneos ZN 62 100/80-14

Ban belakang : Zeneos ZN 62 120/70-14

Knalpot  : X3

Pelek: TK

Handle rem : Expedition

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular