Modifikasi Yamaha Jupiter 2008 Ponorogo, Pakai Kem Milik Honda Estillo

Motorplus - Minggu, 23 Maret 2014 | 15:00 WIB

Pertarungan di kelas Bebek Modif Junior terlihat begitu seru. Itu, nampak pada gelaran Kejurnas seri 1 region 2 lalu di Cilacap, Jawa Tengah. Kriss PP, pembalap yang bernaung di tim Andree Connection D1 RD YMR, Ternate, jadi perhatian.

Apa yang membuatnya mampu menjadi terbaik di kelas tersebut, tidak terlepas dari setingan Yudhi Kucing yang menjadi aktor sukses Yamaha Jupiter Z keluaran 2008 ini. Rahasianya, kem pakai milik mobil.

Pemilihan komponen yang dipakai, menjadi faktor utama yang menentukan. “Untuk noken as dipilih dari noken as kepunyaan mobil Honda Estilo,” beber mekanik yang memilih piston TDR.

Kem Estilo mempunyai dimensi lebar pinggang 31 mm dan tinggi 36 mm. Ini memudahkan mekanik untuk bermain di durasi katup. Untuk durasi katup in maupun ex dibuat sama. Yaitu, bermain di angka 270 derajat. “Dengan durasi katup sebesar ini, putaran bawah bisa mengimbangi,” jelas mekanik yang beralamat di Jl. MT Haryono No. 94, Ponorogo, Jawa Timur itu.

Untuk diameter piston dinaikkan sebesar 4,25 mm dari standarnya yang hanya 51 mm. Sehingga, diperoleh diameter piston sebesar 55,25 mm. “Untuk stroke memang tidak mengalami kenaikan alias masih standar. Yaitu, 54 mm, sehingga kapasitas mesin bengkak menjadi 129,5 cc,” jelasnya.

Dari ubahan tersebut sudah nampak power mesin yang dikejar, sehingga karakter mesin seperti motor-motor over bore yang mendapatkan power maksimal pada putaran menengah dan atas.

Untuk menghasilkan pembakaran yang besar dan konstan, maka dipakai magnet pengapian dari Yamaha YZ 85 yang dipadukan dengan CDI Rextor. “Magnet ini diameter dan bobot yang lebih kecil. Jadi, lebih cepat mengail putaran bawah hingga atas,” tambahnya. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Pirelli 120/60-17

Ban belakang : Battlax 140/70-17

Knalpot  : Suzuki GSX 400

Pelek belakang : Baros 4,5 x 17

AE Garage : 0815-9941260

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular