Honda Tiger 2008 Tasikmalaya, Bosan Trail Import Dan Lebih Puas Modifikasi Sendiri

Motorplus - Kamis, 10 April 2014 | 17:22 WIB

Seperti Ahmad Maskur Firdaus, sang owner bengkel modifikasi Surya Motor Mobilindo Desaign Art (SMMDA). Katanya sih, lebih puas modif sendiri ketimbang beli jadi!

“Di rumah sudah ada Honda CRF dan KTM EXCF 250 yang pastinya sudah siap diajak adventure. Tapi, rasanya kurang puas untuk menaikinya, makanya coba modif Honda Tiger ini,” buka pria yang akrab dipanggil Haji Dauz ini.

Bekal segelondong mesin Tiger lansiran enam tahun silam itu dirancangnya ke kuda besi yang nantinya disemplak untuk mencakar tanah jalur adventure. “Saya pilih mesin Tiger karena tenaga lumayan gede. Sedangkan untuk desainnya, saya coba ingin ke arah trail klasik,” ujar modifikator yang juga sang pemilik Pondok Pesantren di daerah Suralaya, Tasikmalaya, Jawa Barat itu.

Ngejar tampilan klasik, rangka Suzuki TS 125 lengkap beserta bodi, coba dikombinasikan dengan mesin Tiger. Dilanjut dengan pemasangan sok depan yang juga diambil dari motor yang sama. Tapi, untuk piringan dan kaliper remnya, comot milik Yamaha F1ZR.

Begitu juga bagian belakang, seperangkat kaki-kaki milik TS 125 dipilih agar tampilan motor makin terlihat klasik. namun, sok belakang dimodif ulang agar tetep bisa meredam guncangan.

Meski Haji Dauz bilang power Tiger sudah gede, tapi menurutnya masih belum cukup gahar! Makanya, usai urusan bodi dan kaki-kaki, giliran mesin yang dinaikkan performanya biar makin galak.

Piston pun diganti pakai milik Honda CRF 230 yang digabungkan dengan koil YZF dan karburator Keihin 24. “Hasilnya, saat adventure bersama teman teman, motorku malah menjadi pusat perhatian,” papar pria yang juga Wakil Ketua klub Trail Adventure Godebag ini. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: Kenda 80/100-21

Ban belakang: Kenda 100/100-18

Pelek: TK

Knalpot: AHRS

Tangki: Suzuki TS 125

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular