Kawasaki RR Mono dan Honda CB150R, Ternyata Punya Kesamaan Part Injeksi. Ini dia Persamaannya

Motorplus - Minggu, 6 April 2014 | 13:44 WIB

Injektornya bisa saling subtitusi 

Dari berbagai pengujian yang dilakukan, banyak ditemui kelebihan Kawasaki Ninja RR Mono. Mulai saat dijajal di sirkuit balap sampai buat riding harian. Malah banyak yang mempredeksi varian ini bakal sakses menggantikan pendahulunya, Ninja 150 RR. 

Penasaran dengan sistem injeksinya, MOTOR Plus dibantu bengkel Ultra Speed Racing (USR). Agar terlihat, harus mengangkat tangki bahan bakar.

Kawak RR Mono aplikasi throttle body  berdiameter 38 mm keluaran Keihin yang mereknya sama sama dengan milik Honda CB150R. Tapi, throttle body CB150R lebih kecil,  diameternya cuma 30 mm.

“Saat injektor dilepas dari soketnya, setelah diamati rupanya desain injektor mirip seperti yang diaplikasi Honda CB150R,” ujar Freddy Gautama, owner bengkel di Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Soket ECU nya juga sama dengan CB150R

Artinya,  injektor Kawasaki RR Mono bisa saling tukar dengan Honda CB150R tanpa perlu modifikasi. Karena dudukan soket yang nempel ke throttle body juga sama persis. “Salah satu syarat untuk subtitusi perhatikan dimensi dan bentuk injektor. Selain itu soket dan perkabelan juga harus sesuai,” lanjut Freddy.

Apalagi di pasaran sudah banyak beredar injektor aftermarket buat Honda CB150R. “Injektor aftermarket debit bensinya lebih banyak keluar daripada injector standar, ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan performa. Apalagi kalau motor juga sudah ganti knalpot racing,” urai Freddy.

Masih penasaran, coba buka ECU milik Kawak Ninja RR Mono. Rupanya dimensi dan jumlah soketnya juga dengan milik CB150R. Tapi, belum tentu sama arah kabelnya kemana aja. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular