Wawancara Alberto Puig: Ngomong Blak-blakan Soal Pembalap Asia, Khususnya Indonesia Di Gelaran SATC

Motorplus - Rabu, 9 April 2014 | 12:27 WIB

Alberto Puig. Indonesia harus punya minimal tiga sirkuit internasional

MOTOR Plus (MP): Bagaimana pendapat kamu tentang pembalap Asia?

Alberto Puig (AP): Pembalap Asia harus lebih agresif. Ini berbeda dengan pembalap Eropa yang sejak balapan di tingkat nasional harus agresif karena balapannya sangat ketat.

MP: Maksudnya agresif pembalap harus lebih berani?

AP: Bukan berani, tapi menyangkut mental. Mental yang punya fighting spirit yang tinggi.

MP: Bagaimana dengan pembalap Indonesia?

AP: Pembalap Indonesia seperti pembalap Malaysia, Cina, dan Thailand. Mereka harus bekerja lebih keras dan harus tahu kesempatan untuk lebih baik, atau mendingan pulang saja. Berbeda dengan pembalap Jepang karena Jepang punya tradisi balapan yang sangat ketat.

MP: Pembalap Indonesia, kan enggak ikut tes di Aragon (Spanyol, red). Jadi pembalap Indonesia belum mengenal motor yang akan dipakai dibanding pembalap lain.

AP: Itu bukan masalah yang penting. Ada juga pembalap yang tidak ikut tes. Tapi, mental yang harus berubah. Mental harus lebih dibikin kuat lagi. Dunia balapan bukan dunia yang banyak bercanda. Balapan olahraga yang keras. Kalau enggak, jadilah seperti hewan, pembalap yang tidak bisa bertahan silakan berhenti. Ini menyangkut mentalitas bertahan untuk tetap di arena balapan.

MP: Bagaimana supaya pembalap Indonesia lebih baik lagi?

AP: Minimal harus punya tiga sirkuit standar internasional. Dengan tiga sirkuit internasional akan mempercepat proses peningkatan teknik dan skill. Kalau cuma satu sirkuit, jangan harap bisa cepat berkembang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular