Kawasaki Edge 2013 Riau, Satu-Satunya Tim Hijau di Region 1 Yang Di Support Kawasaki Greentech Riau

Motorplus - Selasa, 22 April 2014 | 13:09 WIB

Secara nasional, cuma 2 tim yang mengandalkan Kawasaki Edge di kancah road race. Pertama, Manual Tech asal Yogyakarta, lalu tim yang dikoordinir main delaer Kawasaki Riau, yakni Kawasaki Greentech Riau. Pokoknya, keduanya serba tech, hehehe..

“Tapi, motor ini (Edge) kami ikutin Motoprix (MP) tidak semua seri. Hanya saat ada seri yang digelar di Riau saja. Karena kami lebih fokus di sport kayak IRS,” bilang Hendri Suwandi, bos KGR pada EM-Plus di sela-sela gelaran seri ke-3 Motorpix region 1 di Pekanbaru, Riau belum lama ini.

Menurut Vanboy, kepala mekanik KGR, memang part performa Edge tidak sebanyak motor kompetitor. “Namun, itu bukanlah kendala untuk bikin motor ini bisa lari kencang. Toh, beberapa part pentingnya masih bisa diakali atau dicustom,” tukasnya.

Contohnya, kayak gigi rasio. “Kami bikin di tukang bubut dengan perbandingan yang sesuai hitungan kami. Trus, knalpotnya boleh custom dari knalpot aftermarketnya Honda Blade keluaran AHRS. Cuma diambil silencernya saja. Sedang leher knalpot hingga pipa tengah menuju silencer kami custom. Untuk leher, pakai pipa berdiameter dalam 26 mm. Sedang dari tengah ke belakang makin membesar,” papar Vanboy.

Tak cuma itu, agar penyaluran tenaga dari kruk as ke roda belakang berlangsung lancar, Vanboy mengakali rumah kopling berikut isinya (kampas) pakai punya Suzuki Satria 120R 2-tak. “Konstruksinya cocok dengan mesin Edge. Hanya perlu sedikit penyesuaian,” terangnya.

Lalu, kem tetap andalkan bawaan motor yang dibentuk ulang profilnya dengan timing buka-tutup kem in diseting 36º BTDC - 58º ABDC (durasi 274º), LSA 101º dan tinggi angkatan klepnya mencapai 9,3 mm. Sedang kem ex, disetel membuka di 57º BBDC dan menutup di 36º ATDC (durasi 273º) dengan lift 9,4 mm dan LSA 101º.

Sementara untuk part lainnya macam piston, ia andalkan produk Izumi dengan diameter 57 mm guna mengejar volume silinder 130 cc untuk bertarung di kelas bebek tune up 125 cc seeded (MP1). (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Rasio kompresi mesin: 12 : 1

Rasio transmisi:
Gigi 1 = 13:31
Gigi 2 = 16:29
Gigi 3 = 19:26
Gigi 4 = 20:23

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular