Modifikasi Honda Mega Pro Tiru Sasis KLX 150

Motorplus - Rabu, 14 Januari 2015 | 07:30 WIB

Sebagai seorang bikers, Ismono Mondiel, pemilik Honda Mega Pro. termasuk pribadi yang unik. Di sela-sela rutinitas pekerjaan yang sibuk, pegawai Dinas Pertanahan Kabupaten Wonosobo ini juga demen nyusruk hutan buat adventure. Asyiknya, semplakan yang dipilih justru hasil modifikasi. Karena itu, modifikasi Honda Mega Pro tiru sasis KLX 150 supaya enak dibawa adventure.

“Sedangkan untuk mesin, saya lebih suka karakter Mega Pro yang memiliki torsi besar. Tapi, untuk kenyamanan sasis, saya suka karakter handling Kawasaki KLX 150,” cocor pria berusia 56 tahun ini.

Untuk modifikasi Honda Mega Pro tiru sasis KLX 150, pria yang gaul disapa Mondiel ini, tos bro sama Yudi Wiyanto yang punggawa Santoso Motor (SM) Wonosobo. “Caranya, dengan membuat sasis baru dengan model KLX 150. Bentuknya ringkas, karena memang speknya untuk model trail murni. Seperti model sasis utama dari pipa besi 1,5 inci,” papar modifikator yang punya workshop di Jl. Mayjend Bambang Sugeng No. 15B, Wonosobo, Jawa Tengah ini

Rancangan modifikasi Honda Mega Pro tiru sasis KLX 150 sesuai postur. Namun, ada penyesuaian dalam aplikasi. Contohnya, sasis utama dari komstir hingga as lengan ayun memakai pipa bulat, bukan model kotak seperti KLX. Hal ini, karena memperhitungkan dimensi mesin Mega Pro yang sedikit besar. Termasuk, dudukan mesin bagian depan yang nemplok pada down tube baru. Racikannya dibuat mendekap mesin hingga bagian bawah, sekaligus melindungi mesin dari benturan. Karena, dibuat bercabang dibagian depan mesin dan menyatu sasis belakang mesin.

Bagian sub frame, dibuat lebih simpel dengan material pipa besi 3/4 inci. Rancang-bangun, lebih sederhana. Karena, sasis belakang hanya digunakan sebagai dudukan jok dan tempat dudukan aki. Namun, secara keseluruhan terlihat dinamis. Apalagi, Yudi menggabungkan komponen limbah sebagai finishing bentuk agar terlihat ideal. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: Kenda 80/90-21

Ban belakang: Maxxis 100/100-18

Pelek depan: TK 1,60X21

Pelek belakang: TK 2,15X18

SM: 0812-2957-200

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular