Waspadai Kulit Belang, Yuk Kita Cegah ‘Zebra’ Datang

Motorplus - Jumat, 25 April 2014 | 07:06 WIB

Pakai lotion jelang tidur bisa mengurangi

Berpanas-panas ria di bawah terik matahari, jadi ‘makanan’ pengendara. Hal ini bikin kulit kian gelap. Memiliki warna kulit tidak merata atau belang, merupakan masalah tersendiri, terutama bagi pengendara cewek.

Selain terlihat aneh, tidak jarang jadi bikin minder. “Kulit jadi kelihatan belang. Apalagi di daerah yang nggak tertutup pakaian. Kalau dibuka terlihat jelas belangnya,” aku Rani Arifin, salah satu pengendara dari daerah Ciledug.

Seseorang dengan aktivitas di luar ruangan, tentunya memiliki potensi lebih besar memiliki warna kulit belang. Daerah sasaran ‘kulit zebra’ ini, biasanya berada di area yang tidak terlindung. Paling sering di wajah, leher, lengan atas, lengan bawah, atau pada pergelangan tangan yang terlindungi jam tangan.

Sumiati, ahli kecantikan di salon Cantik menuturkan penyebab kulit gelap adalah hiperpigmentasi. “Hal itu terjadi saat kulit kena paparan sinar matahari langsung atau tidak langsung. Akibatnya, pigmen meningkat dan membuat warna kulit jadi gelap,” urai Sumiati.

Tapi, bukan berarti kulit zebra itu tidak bisa dihilangkan. “Warna kulit akan kembali normal dalam waktu satu bulan, tentu dengan perawatan rutin,” tutur Mia, sapaan akrabnya.

Pengendara bisa melakukan beberapa tips sebagai pencegahan. Pastinya menggunakan produk yang mengandung tabir surya. Produk itu dapat mencegah kulit menjadi hitam dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Produk itu bisa berupa body lotion.

“Fokuskan pada daerah yang lebih hitam. Misalkan di leher, lengan atau muka. Gunakan produk khusus itu pada malam hari. Baiknya dilakukan sebelum tidur dan rutin setiap malam.”  (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular