Yamaha V-ixion Lightning 2014 Wonosobo: Weleh.. weleh.. Gara-gara Konstruksi Mesin & Sasis Malah Dikira Special Engine

Motorplus - Selasa, 6 Mei 2014 | 18:32 WIB

Performa tampilan dan mesin Yamaha V-ixion sudah terkenal di jalanan aspal. Namun, apa jadinya jika kuda besi berpendingin cairan ini dipermak bergaya motocross dengan spek adventure.  Makanya, banyak mata melirik tampilan motor dengan sasis deltabox bawaan pabrik ini. Banyak yang mengira ini merupakan motor built up seperti special engine, karena secara postur dan tampilan menyerupai motor garapan pabrikan.

Padahal, bentuk ini merupakan hasil ubahan Taner Wibowo yang owner toko sekaligus bengkel SMS Motor Mabur (SMSMM), Wonosobo yang permak semplakan milik pribadinya. Memang, secara konsep, pria yang akrab disapa Bowo ini mengacu pada spek adventure. Namun, wajib bertampilan gagah seperti bikinan pabrik. Doi, dibantu Tata sang asisten, untuk mengubah bentuk dengan komponen bodi dan kaki-kaki yang sesuai dengan konsep.

“Seperti sok depan yang comot punya Yamaha YZ 85. Aplikasi ini mengejar bentuk dengan postur layaknya Special Engine (SE), yang fungsional. Sebab, YZ 85 memiliki dimensi sok lebih pendek daripada seri YZF 250. YZ 85 lebih pendek 7 cm, sehingga lebih nyaman untuk kebutuhan adventure yang banyak handicap. Namun, secara tampilan tetap terlihat gahar,” buka pria yang punya gerai variasi dan bengkel di Jl. Serayu No. 10, Wonosobo, Jawa Tengah.

Penerapan ajrutan depan ini, memakai trik ubahan laher komstir. Caranya, dengan menggunakan laher komstir Kawasaki KLX 150S agar sok depan sekaligus segitiga YZ 85 bisa terpasang dengan baik. Untuk komponen belakang, Bowo pede racik kombinasi lengan ayun variasi SND dan monosok orisinil yang masih mekanisme unitrack.

Sebagai penunjang tampilan agar makin mirip dengan motor built up, performa bodi menggunakan racikan kombinasi dari SE. Contohnya bodi depan yang terdiri dari sepatbor, tangki dan sayap tangki comotan Honda CRF 250 tahun 2013.
Ubahan bagian depan lebih sederhana, sebab hanya menyesuaikan tangki yang dipapas 2 cm agar tidak menyentuh bagian cylinder head. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban: IRC

Setang: AHRS

Knalpot: Norifumi

Swing arm: SND

SMSMM: 0813-2727-2888

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular