Pakai Handle Kopling Yamaha R6, Kampas Kopling Jupiter Z1 Nggak Boros

Motorplus - Rabu, 30 April 2014 | 07:31 WIB

Tuas R6 lebih panjang dan celong di tengah

Ingat enggak dulu sempat mencuat pemakaian handle kopling Yamaha R1 di road race? Nah, fenomena itu kini kembali terjadi di road race yang sekarang. Tapi, kali ini tuas kopling yang diaplikasi punya moge garputala R6.

Dari pantauan EM-Plus, hampir semua Jupiter Z1 pacuan tim-tim Yamaha menggunakan tuas kopling R6. Saat diperhatikan dari dekat, bentuk tuasnya lebih panjang dan punya celongan lebih dalam di bagian tengah dibanding bawaan Z1.

“Itu spek dari pabrikan. Waktu diserahkan ke tim sudah begitu,” papar Widya Krida Laksana yang tenar disapa Gendut, mekanik tim Yamaha Yamalube NHK Ridlatama dari Surabaya, Jawa Timur saat mengukuti Yamaha Cup Race seri perdana di GOR Satrio, Puwokerto, Jawa Tengah belum lama ini.

Saat dikonfirmasi ke pihak Yamaha Indonesia, M. Abidin selaku GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan bahwa pemakaian handle kopling R6 itu berdasarkan riset yang telah dilakukan Yamaha beberapa tahun belakangan ini.

“Kalau pakai tuas kopling lain atau yang lebih pendek, umur kopling jadi lebih cepat. Sementara punya R6 karena lebih panjang, selain bikin kopling jadi enteng juga kemampuan nariknya lebih jauh. Sehingga saat tuas ditekan waktu mau ganti gigi, kampas kopling tidak bergesekan lagi. Makanya umurnya jadi lebih lama,” terang Abidin di sela-sela acara launching motor sport terbaru Yamaha, yakni R15 di SCBD, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Owww.. gitu toh! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular