Yamaha Mulai Serius Garap Pasar Motor Listrik, Bakal Dipasarkan Tahun 2016

Motorplus - Rabu, 30 April 2014 | 12:02 WIB

Tahun lalu tepatnya di ajang Tokyo Motor Show (TMS), Yamaha Motor Corporation (YMC) resmi memperkenalkan motor listrik konsep. Dimana ada 3 jenis motor konsep yang mereka pamerkan. Diantaranya adalah Yamaha PES1, PED1 dan Evino. Ketiga motor ini merupakan motor yang digerakkan oleh motor listrik sepenuhnya, tanpa ada bantuan dari mesin mekanis.

Ketiga motor tersebut adalah motor yang berbeda segmentasi. Dimana PES1 diperuntukkan bagi penggemar motor penggaruk tanah. Kemudian PED1 lebih ke segmen pecinta motor sport dan naked bike, sementara Evino adalah motor listrik skubek. Evino merupakan hasil komodifikasi dari Yamaha Fino dengan konsep retro tapi sudah berevolusi jadi motor listrik sepenuhnya.

“Untuk kategori motor sport, kami bekerja keras agar secepatnya bisa meluncurkan ke publik alias ke pasar. Paling tidak rencana peluncuran motor kategori elektrik ini adalah 2 tahun ke depan, tepatnya di tahun 2016. Kontribusi untuk motor masa depan tentunya adalah hal yang kami pandang sangat penting. Tentu pengalaman mengendarai juga akan kami tingkatkan dan bedakan dengan motor bermesin konvensional,” jelas pernyataan dari YMC.

 Menurut sejumlah rumor yang beredar, untuk PES1 sendiri test rider Yamaha sudah menjajalnya. Tapi belum ada spesifikasi hasil tes yang mereka luncurkan. Sementara untuk PED1, belum ada kabar terbaru, baik itu mengenai sesi pengetesannya maupun untuk pengembangannya.

Yamaha Evino, belum ada komitmen untuk diproduksi di tahun 2016

Uniknya, YMC sepertinya membuat power output dan penyuplai tenaga antara PES1 dan PED1 tidak berbeda alias sama. Baterainya pun berdimensi sama. Jadi akan memudahkan untuk menemukan spare-part kedua motor ini.

Sedangkan untuk Yamaha Evino, sepertinya masih menjadi bahan pajangan. Bisa saja motor ini menjadi lanjutan proyek Yamaha di motor listrik. Jika kedua proyek awal itu sudah menuai sukses di pasaran. Kita lihat saja. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular