Honda Tiger 1995 Majalengka, Street Fighter (SF) Si Jaloe

Motorplus - Jumat, 9 Mei 2014 | 10:31 WIB

Konsep modif Street Fighter (SF), jadi pilihan bagi Evan Kustawan untuk diterapkan di Honda Tiger berkelir dominan hitam ini. Menurutnya, tema tersebut dipilih karena bentuknya memiliki desain unik. Terutama di sektor buritan, lewat model buntut jok yang nungging.

“Ide awal ketika membangun motor ini, turut dibantu kakak ipar. Kebetulan mempunyai hobi sama. Yaitu, utak-atik motor. Akhirnya, coba untuk permak wujud Tiger lawas ini bergenre SF, “ ujar Evan, yang juga Polisi berpangkat Briptu dan bertugas menjadi ajudan Wakapolres Kuningan, Jawa Barat.

Setelah disepakati mengenai konsep modifnya, Evan bersama dengan Enchenk yang kakak iparnya, lantas mulai berburu olahan kaki-kaki dari limbah moge. Pasalnya, guna mendukung tema SF yang rada gambot, mesti ditunjang sektor kaki mumpuni agar makin klop dan serasi. Seperangkat kaki moge Aprilia kumplit depan-belakang pun didapat.

Dalam proses restorasinya, Evan serahkan ke bengkel modifikasi Relasi Custom di kawasan Gunungsari, Kadipaten, Majalengka, Jawa Barat. “ Namun, hanya untuk pengerjaannya saja. Karena jika dilakukan sendiri, terbentur alat kerja. Soal tema dan ubahan lainnya, tetap kita yang mengatur. Mulai dari penempatan bentuk bodi, hingga pemasangan detail pendukungnya,” papar Evan Jaloe, sapaan akrab Polisi berusia 27 tahun ini.

Ubahan bagian sasis, yang dipermak hanya belakangnya saja. Sub frame dipangkas sekitar 40 cm. Tentu saja guna mengejar kesan buntut nungging, yang kental dengan tampilan bergaya SF. Makin unik, bentuk runcing di sektor buritan tersebut sekilas nampak seperti ekor burung kolibri. Sehingga lebih futuristik dengan sudut yang lancip.

Desain tangki, hasil custom pesanan dari kota Mendoan, Purwokerto, Jawa Tengah. Menurut Evan, bentuknya terinspirasi dari model Cagiva yang memiliki dimensi ruang agak gambot.

Untuk upside down, comotan dari Aprilia RS250. Sedangkan lengan ayun berikut dengan pelek, adopsi dari Aprilia RS125. Sok tunggal alias monosok hasil sumbangan dari Kawasaki Ninja 150R.

Paduan sempurna dengan tampilan utama yang ditambah detail pendukungnya, membuat wujud Tiger sekarang jadi makin sangar. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Pelek: Aprilia RS125

Ban depan: Dunlop 120/60-17

Ban belakang: Pirelli 140/70-17

Kaliper rem: Tokico

Setang: Custom

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular