Atasi Indikator Bensin Rusak

Motorplus - Rabu, 26 November 2014 | 11:02 WIB

Pacuan aplikasi pelampung berfungsi untuk memberikan signal kondisi volume tangki. Nantinya, signal ini diubah menjadi tanda di panel spidometer. Baik itu berupa garis ataupun jarum (digital atau analog). Dalam hal ini, pelampung juga ditunjang resistor yang ada di dalam tangki yang mengikuti tinggi rendah permukaan bensin dalam tangki. Berikut cara mengatasi indikator bensin rusak

Namun, resistor ini juga bisa rusak. Itu salah satu penyebabnya indikator bensin menjadi ngaco. Kerusakan ini, terjadi akibat seringnya terjadi gesekan sehingga menyebabkan keausan. Resistor juga akan rawan terhadap kotoran, karena jeleknya kualitas bahan bakar yang dipakai.

Jika terjadi keausan, silakan buka resistor. Part tersebut dari dalam tangki. Setelah itu, lepaskan pelat pemegang unit resistor. Lalu, ukur hambatan yang dihasilkan dari pergerakan pelampung di resistor.

Saat pelampung digerakkan ke atas, berarti posisi ini menunjukan bahan bakar yang ada di tangki penuh. Karena, hambatannya kecil. Jika digerakkan ke bawah, berarti posisi ini tangki kosong karena hambatannya besar.

Membersihkan resistor, semprot dengan cairan pembersih kerak sembari digerak-gerakkan pelampung sehingga kotoran yang menempel di panel bisa terangkat dan lepas. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular