Bahaya Prostat, Pengendara Harus Waspada & Concern Hindari Makanan Berlemak. Sebab Bukan Karena Guncangan!

Motorplus - Minggu, 11 Mei 2014 | 07:26 WIB

Seorang brother mengeluhkan penyakitnya saat hangout. Ia ditenggarai terkena prostat. Cirinya rasa sakit yang amat saat buang air kecil . Dari kejadian ini timbul anggapan. Mungkinkah biker rentan prostat? Apakah pengaruh guncangan? Pasalnya nggak cuma seorang saja, beberapa brother lain juga mengalami penyakit yang sama.

Ikhwal ini, kami tanyakan ke ahlinya, Dr. A.Y.G Wibisono M.Kes, ahli medis dari Dinas Kesehatan, Tangerang. Terlebih dahulu ia menerangkan secara mudah penyakit ini. “Prostat itu kelenjar laki-laki yang posisinya melingkari saluran kencing. Jika kelenjar membengkak, ia akan menjepit saluran kencing. Tidak hanya susah kencing, jika sudah parah tidak bisa kencing sama sekali,” jelas pak doker yang hobi main pingpong ini.

Penyebabnya masih misteri sampai saat itu. “Bisa karena faktor usia, hubungan seks kurang, kolesterol tinggi. Tapi nggak  benar kalau pembengkakan akibat guncangan seperti yang sering dialami pengendar,” jelas pak Wibi lagi.

Untuk para pengendra, ia lebih konsen menelaah pola makan. Kebanyakan brothers tidak peduli kesehatan. Ia makan sembarangan termasuk gorengan yang memiliki kadar lemak tinggi.

Menurutnya pembengkakan kelenjar prostat tidak bisa dilihat karena lokasinya tersembunyi. Jika alami susah kencing apalagi sampai tidak bisa kencing cepatlah diperiksa. “Pengobatan melalui obat atau operasi bisa dilakukan. Jalan operasi misalnya, sudah canggih karena dipantau kamera hingga tepat sasaran,” jelasnya.

Yuk lebih waspada dan concern terhadap kesehatan. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular