Berdecit Dan Slip Kerap Muncul Ketika Motor Ingin Berakselerasi. Ini Sebabnya..

Motorplus - Sabtu, 17 Mei 2014 | 11:34 WIB

Banyak pengguna skubek mengalami masalah suara berdecit dari CVT. Biasanya, suara ini muncul ketika motor ingin berakselerasi. Selain suaranya yang mengganggu, performa kendaraan juga pasti menurun.

Penyebab gejala berdecit ini kemungkinan terbesar disebabkan dari kampas kopling yang aus sehingga slip. Atau, bisa juga karena mangkok kopling yang kotor. Enggak usah khawatir, masalah ini masih bisa dihilangkan sob.

"Bersihkan kampas ganda dan mangkoknya. Biasanya, dengan membersihkan saja, gejalanya sudah hilang. Ingat, kampas ganda dan mangkuknya harus bebas dari debu, oli, dan air. Jadi, harus dipastikan bersih sebelum dipasang kembali," tegas Usep Pitriana, mekanik Honda Dunia Motor KL di Jl. Raya Kebayoran Lama No. 556, Jakarta Selatan.

Untuk membersihkan debu di CVT cukup mudah. Tinggal lepas seluruh komponen CVT, lalu semprot menggunakan angin kompresor.

Sedangkan untuk bersihkan ceceran oli, jangan gunakan air. Bisa gunakan bensin atau alkohol yang lebih mudah menguap dibandingkan air. Takutnya, kalau pakai air akan sulit kering dan tersisa endapan air di CVT. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular