Rokon Trail-Breaker, Motor Perang Sebenarnya yang Berpenggerak 2x2!

Motorplus - Jumat, 9 Mei 2014 | 16:11 WIB

Banyak yang menilai bahwa motor tampilan sangar seperti motor sport atau naked sport lah yang dinilai pantas menjadi motor yang pantas di ajak di medang perang sebenarnya. Jika anda berpikir seperti itu, coba alihkan pandangan anda ke motor yang satu ini. Nama manufakturnya adalah Rokon, yang memproduksi jenis motor Trail-Breaker.

Dari sisi tampilan, memang sudah mengesankan bahwa motor ini memang adalah motor yang tangguh di ajak bertarung di medan manapun. Meski hanya mempunyai mesin berkapasitas kecil yaitu 208 cc dan tenaga hanya 7 hp, tapi motor yang pantas disebut ‘badak tempur’ itu berpenggerak 2x2, lho!

Berbicara tentang Rokon Trail-Breaker, tentu tidak akan berbicara tentang speed alias kecepatan. Tapi kita akan berbicara tentang kemudahan menggunakannya di semua kondisi jalan dan medan. Motor ini bahkan diklaim bisa melintasi semua medan yang tidak bisa dilintasi motor berjenis ATV yang kadang menjadi transportasi peperangan atau di medan ekstrim.

Mesinnya juga cukup unik, karena tidak memiliki shifting atau perpindahan gigi layaknya motor-motor yang ada. Perpindahan gigi atau aktivasi penggerak roda depan, hanya bisa dilakukan ketika motor benar-benar berhenti.

Roda depan dan belakang punya penggerak masing-masing

Berbicara mengenai kemampuan, manufaktur Rokon sendiri hanya berani memberikan jaminan motor bisa menanjak pada sudut kemiringan ekstrim 60 derajat. Tapi setelah dilakukan beberapa pengetesan, motor ini ternyata mampu mendaki dengan sudut kemiringan yang lebih ekstrim dari itu.

Kemampuan berenang di air jelas terlihat

Kemampuan lainnya adalah kemampuan berenang di air. Motor ini mampu tetap berjalan, meski air menutup sebagian besar bodi motor. Bagian depan, sistem suspensinya di desain cukup unik menggunakan lengan ayun. Hal ini dimaksudkan agar roda depan bisa tetap dioperasikan dengan motor penggerak roda. Sementara bagian belakang sengaja dibikin rigid dan non suspensi. Lantaran di bawah jok sudah disiapkan suspensi bagi pengendara.

Lantaran bagian belakangnya dibikin rigid, Rokon memberikan rekomendasi tekanan ban hanya sekitar 5 psi. Selain agar pengendara mampu merasa nyaman dalam segala kondisi, juga untuk menjaga daya cengkeram ban di semua kondisi. Baik itu berjalan di permukaan bebatuan maupun lumpur tebal.

Spesifikasi :
Harga     : 7.625 dollar (Rp. 88 jutaan)
Kapasitas mesin    : 208cc
Berat motor    : 218 lb
Tinggi jok    : 33.0 inci
Kapasitas tangki    : 2.7 galon
Top Speed    : 35 mph
Tenaga maksimal    : 7.0 pada 3600 rpm
Torsi     : 9.1 lb.-ft pada 2800 rpm

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular