Suzuki Satria F-150 2006 Jember, Modifikasi Pacuan Special Engine Ini Merupakan Reinkarnasi Ke-3

Motorplus - Minggu, 11 Mei 2014 | 18:35 WIB

Kalau ngomongin modifikasi, Yanto Budi Utomo sudah cukup banyak berkecimpung di dunia jarahan tampilan pacuan. Maklum, ia adalah juragan toko variasi di Jember, Jawa Timur sono. Suzuki Satria F-150 ini adalah salah satu ‘korban’ untuk menyalurkan hobinya. Bahkan, hyperunderbone keluaran tahun 2006 ini, sudah mengalami reinkarnasi untuk ketiga kalinya.

Tapi, ubahan kali ini, justru ubahan yang dilakukan juragan Mega Motor (MM) Jember ini, tak lagi untuk pajangan di gerainya. Melainkan, untuk diajak refreshing memasuki hutan!

“Saya lebih suka teknologi yang dipakai Satria F-150. Disamping itu, masih nggak banyak yang pakai F-150 untuk adventure. Tapi, ubahan harus diterapkan di semua sektor supaya bisa diajak main lumpur,” beber pemilik bengkel yang ada di kawasan Jl. Letjen Suprapto 24, Jember ini.

Mekanik andalan langsung ditunjuk. Frame bawaan pabrik, langsung digudangkan. Sebagai gantinya, untuk main frame sengaja bikin ulang pakai pipa besi kotak tebal 2 mm dengan perpaduan pipa bulat dibagian sub frame nya.

“Frame meniru Yamaha YZ 250, di main frame pipa 1 dim dan pipa kotak di sub frame dengan sudut kemiringan sekitar 10 derajat sudah cukup,” tambah Ulum sang mekanik andalan MM.

Di bagian suspensi depan, ada milik Honda CRF 150 yang pemasangannya juga bolt on. “Sebelum bikin frame, saya sudah mengukur as komstir yang akan dipakai. Makanya, sok tinggal pasang,” jelas mekanik murah senyum ini.

Penjaga kaki belakang pun juga sengaja aplikasi swing arm milik YZ 250, “Biar sekalian full set mulai dari frame, bodi sampai kaki-kaki pakai Yamaha YZ 250 deh,” senyum Han-han, panggilan akrab Yanto.

Tinggal engine yang butuh sentuhan. Itu, supaya tenaganya nggak loyo ketika melibas jalanan menanjak. “Bore up sekitar 225 cc dengan mengganti beberapa part seperti kruk as serta piston Tiger, naik stroke 6 mm, CDI BRT, karbu TDR PE 28 mm,” aku pria yang kerap ajak F-150 ini ikuti beberapa event adventure di Jember. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: IRC 80/100-21

Ban belakang: Primax 110/90-18

Pelek depan: Kenda 1,60X21

Pelek belakang: Kenda 1,85X18

MM: (0331) 322-466

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular