Pasang Roller Rocker Arm Di Xeon Biar Minim Gesek, Mesin Adem dan Nggak Ngerusak Starter

Motorplus - Jumat, 23 Mei 2014 | 08:41 WIB

Durasi camshaft 260 derajat membuat power lebih lebar

Seperti kita ketahui bersama, teknologi rocker arm bawaan Yamaha Xeon 125 karbu masih menggunakan konvensional alias jadul, bro. Supaya gesekkan lebih ringan bisa diganti dengan model rocker arm model roller.

Seperti yang dilakukan GAS Motor, salah satu bengkel balap yang mengembangkan teknologi roller rocker arm yang hanya tinggal bolt on pada Xeon 125. Bengkel bertempat di Jl. Bhineka No. 32, Ciganjur, Jakarta Selatan itu mengaplikasikan roller rocker arm milik Honda Blade yang sudah dimodifikasi.

Agar makin klop, diaplikasi lengkap berikut camshaft mentah milik Yamaha Mio J. Namun sebelumnya kem dibentuk agar didapat durasi sesuai keinginan. Tentu menggunakan gerinda dan diukur dial gauge . Kemudian master kem dicopy.

“Timing diukur saat klep membuka 1 mm, durasi yang dipatok yaitu 260 derajat. Klep isap membuka 25 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 55 derajat setelah TMB (Titik Mati Bawah) untuk klep in, serta 60 derajat sampai 20 derajat untuk klep outnya. Lift 8 mm untuk tinggi in dan outnya. Dengan durasi tersebut, mematok kompresi di 11,8 : 1,” jelas Toga Fantiarso, owner dari GAS Motor.

Dengan durasi yang cukup lebar, motor masih mampu mengkonsumsi bensin Premium. Karena, klep in yang menutup lumayan lebih lama durasinya sehingga ada penurunan nilai perbandingan kompresi. Ini ditujukan untuk menghasilkan power band mesin yang lebar. Dikarenakan basic motor Xeon 125 yang cenderung lebih besar di rpm bawah.

Selain cocok untuk motor-motor standar, ubahan ini pun cocok diaplikasikan berbarengan dengan bore up yang rentan dengan mekanisme sistem stater yang cenderung cepat jebol. Dikarenakan ada pengurangan kompresi pada saat akhir langkah isap. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular