Modifikasi Honda Vario 2007 Solo, Konsep Airbrushnya Mengangkat Kultur Jawa dan Solo

Motorplus - Jumat, 13 Juni 2014 | 12:17 WIB

Tampilannya Honda Vario lansiran 2007 ini memang disiapkan untuk ikutan contezt modifikasi. Makanya tema yang coba diusung mesti kuat. Contohnya pada Vario milik Didik Adi, yang merupakan olahan workshop Akaboncu Modified (AM), Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Singkatnya AM yang dikelola Ary, mencoba mengolah apa maunya Didik, yang warga Solo itu.

“Intinya mengolah dan menampilkan budaya Jawa yang sangat kental di kota Solo. Monggo diamati saja laburan airbrushnya. Ada tokoh pewayangan seperti Gatot kaca, Putri Solo, serta abdi dalem Keraton yang disandingkan dengan ikon kota Solo seperti Pasar Gede, Gapura Gladak, patung Manahan dan banyak lagi,” urai Arex, sapaan ngetopnya Ary.

Nyatanya, memang begitu bro. Laburan airbrush mencerminkan hal itu. Bahkan jok pun ikutan ditimpa torehan airbrush. Supaya kuat atau enggak mudah tetel (lepas,red). Pelapis jok dibungkus plastik.

Tak kalah mantap adalah adanya lapisan ukiran kuningan asli yang ikutan teraplikasi pada beberapa bagian motor. Lihat saja komponen tersebut ada di behel, tutup cover cvt, panel arm. Proses pengerjaannya sampai perlu melibatkan orang-orang seni.

“Saya dibantu rekan dari Jogjakarta juga rekan dari ISI Surakarta. Proses pengerjaannya manual dengan pahat. Temanya ya ukiran Jawa. Untuk pasangnya hanya direkatkan dengan lem pada bagian yang dipasang,” lanjut Arex lagi.

Yang pasti sih, Vario Didik berhasil mengumbar aura javanese-nya. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban: Duro 70/80-17

Sok belakang: Ride It

Master rem: KTC

Slang rem: Ears

Akaboncu Modified: 0856-4724-0023

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular