Moto Guzzi, Siapa Sangka Tunggangan Ini Pernah Jadi Jawara Isle Of Man TT

Motorplus - Jumat, 13 Juni 2014 | 18:28 WIB

Inilah pabrikan motor tertua Eropa yang bertahan sampai kini. Berojol di Mondello del Lario, Italia yang kaya inovasi. Gebrakan paling diingat, merekalah yang menemukan teknologi standar tengah pertama di dunia, adanya corong angin buat aerodinamika, juga 6 silinder di motornya.

Awalnya motor ini lahir dari karya Carlo Guzzi, Giovanni Ravelli and Giorgio Parodi. Guzzi dan Ravelli adalah pilot. Dan, Parodi makanik pesawat yang tergabung di Corpo Aeronautico Militare (CAM) berbasis di Skuadron Miraglia di luar kota Venice. Ketiganya sangat dekat dan kompak. Beres PD I mereka lantas kerja bareng bikin motor keren sebagai cikal bakal Moto Guzzii yang bertahan sampai sekarang. 

Guzzi bertindak sebagai desainer sedang Parodi punya duit banyak buat mendanai. Sedang Ravelli, tak Cuma kondang sebagai pilot jago, tapi juga pembalap gape. Dari sinilah lahir Moto Guzzi pertama tahun 1921 dan langsung disambut antusias speed junkie Italia. Sungguh tragis, Ravelli tewas dalam kecelakaan pesawat tak lama setelah Moto Guzzi lahir. Ia diberi anugrah Eagle Wings oleh pemerintah Italia dan lambang itulah yang jadi lambang motor ini.

Di ajang balap, tercatat memenangkan 3.329 kejuaraan, 8 kali juara dunia, 6 constructor dan 11 kali jadi jawara Isle Of Man TT. Pencapaian yang sulit dikejar pabrikan manapun! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular