Trouble Shooting Yamaha Nouvo/Z, Gas Kosong Trus Mati Mendadak. Ini Sebabnya

Motorplus - Rabu, 11 Juni 2014 | 08:20 WIB

Saat darurat, cungkil skep pakai jari

Para pemilik Yamaha Nouvo patut mewaspadai gejala hilangnya gas, hah? Bisa ilang? Maksudnya mesin mati mendadak saat skubek garpu tala itu dipacu. Biasanya disebabkan oleh karet vakum pada karburator mengeras akibat dimakan usia. Itu juga bila perawatannya kurang diperhatikan.

Ketika karet vakum mengeras, sudah pasti gerakannya jadi sulit untuk mengangkat jarum skep. Atau naik turun skep jadi lama, sehingga suplai bensin jadi tidak optimal. “Makanya muncul gejala seperti hilang gas, bahkan mesin bisa mati mendadak,” bilang Yuli, mekanik DID’s Motor di Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

Tenang, bor! Kalo kendala ini terjadi saat lagi di jalan, gak usah panik dulu. Siapin saja obeng kembang, trus buka bodi sebelah kiri tempat karburator bersarang. Kemudian cabut saringan udara yang ke arah karburator. Maka akan tampak moncong karbunya. “Masukkan jari ke dalam lubang venturinya. Lalu coba cungkil skep naik turun biar lancar,” sarannya.

Oleskan compund biar lentur

Tapi, lanjut Yuli, itu cuma trik sementara dikala darurat doang loh. “Kalo masalah itu terlalu sering muncul, sebaiknya jarum skep dan karet vakum dibersihkan pakai compound atau wax yang biasa digunakan untuk poles mobil. Dijamin karet vakum bisa jadi lentur lagi,” tukas Yuli.

Namun jika part tersebut masih membandel alias susah untuk dilenturkan lagi, segera ganti deh dengan yang baru. “Bisa substitusi pakai karet vakumnya Suzuki Satria F150. Soalnya, karet vakum ori-nya Nouvo agak mahal dan jarang ditemui di pasaran. Punya Satria F150 cuma Rp 25 ribu,” tutupnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular