Trouble Shooting Vespa LX150, Kenapa Mesin Mati Usai Dicuci?

Motorplus - Senin, 16 Juni 2014 | 09:20 WIB

Waspada mesin ogah nyala usai motor dicuci

Untuk pengguna motor asal Italia, Vespa, terutama pada varian LX, kudu was-was nih usai mencuci motor kesayangan. Pasalnya, beberapa pengendara skubek berdesain retro ini mengeluhkan tunggangan mereka itu jadi ogah dinyalakan sehabis dicuci. Lho, kok bisa?

Ternyata setelah ditelusuri, masalah berasal dari timbunan kerak atau kotoran yang nempel pada sensor atau switch standar samping. Menurut Mas Dod, mekanik DiD’s Motor yang menemukan kasus ini, timbunan kerak ini berasal dari air bercampur kotoran yang masuk ketika mencuci motornya.

“Terutama di tempat cuci steam yang pakai hidrolik untuk angkat motornya. Maksud pakai alat itu sih biar kolong motor bisa lebih bersih dicucinya. Tapi, ternyata air yang disemprotkan justru mendorong masuk kotoran ke area switch standar samping,” analisa Mas Dod.

Nah, saat kering, lanjutnya, kotoran jadi berkerak di dalam switch standar. itu “Sehingga membuat switch jadi tidak berfungsi normal untuk mematikan/menghidupkan motor kalau lagi di standarin,” jelas mekanik sekaligus modifikator yang buka bengkel di daerah Warakas 7 No.4, Tanjung Priok, Jakarta Utara ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular