Cakram 340 mm di MotoGP, Untuk Imbangi Bobot Motorn & Rider Yang semakin Berat

Motorplus - Sabtu, 14 Juni 2014 | 11:32 WIB

Apalagi, perubahan regulasi bobot motor berikut pembalap semakin berat. Tahun 2012 aturan bobot 157 kg. Setahun kemudian dan tahun ini jadi 160 kg.

Dengan berat yang bertambah, power pun bertambah. Perkiraan tenaga yang dimuntahkan mesin naik 10% dibanding tahun lalu. Plus kecepatan motor MotoGP naik lebih dari 10 km/jam.

Karena itu, kebutuhan cakram 340 mm jadi sangat penting, terutama untuk Yamaha dan Ducati. Apalagi, Yamaha YZR-M1 belum bisa menyamai kecepatan di trek lurus Honda RC213V. Salah satu cara Yamaha mengimbangi Honda ya harus melakukan late braking terus menerus.

Apalagi, bertambah lebarnya cakram bukan cuma area pelepasan panasnya melebar. Tapi, daya pengereman akan bisa lebih besar dengan tekanan tangan yang sama dibanding saat menggunakan cakram 320 mm.

Jadinya, pelepasan panas semakin cepat dan hasil pengereman bertambah pakem. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular