Rudge Whitworth 1894, Salah Satu Pelopor Motor Dengan Penerus Daya CVT

Motorplus - Kamis, 26 Juni 2014 | 18:20 WIB

Kini motor bertransmisi CVT merebak. Nah mereka yang nyemplak, sudah selayaknya menyimak kisah motor yang lahir di Inggris ini. Rudge Whitworth berojol kali pertama tahun 1894 di Birmingam atas prakarsa Charles Henry Pugh (1840-1901) barengan dua anaknya Charles Vernom dan John, dibantu perusahaan sepeda berbendera Rudge Cycle Co yang didirikan Daniel Rudge.

Awalnya, mereka asyik bikin sepeda dan baru kepikir membuat motor tahun 1911. Sipnya, enggak asal bikin. Tapi, penuh terobosan teknologi. Terutama soal transmisi. Gimana nggak, motor pertama bersilinder tunggal 500 cc menganut sistem CVT  (Continuosly Variable Transmission) sebagai andalan teknologi.

Dengan kata lain, Rudge dicatat sejarah sebagai salah satu pelopor sistem ini. Lha kenapa ditulis salah satu? Masalahnya di tahun yang sama, Zenith Gradua dan FN 244 cc (1907) pabrikasi saingan mereka juga menerapkan sistem yang sama. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular