Tips Cara Mengatasi Biang Keringat Selain Pakai Bedak

Motorplus - Senin, 30 Juni 2014 | 10:28 WIB

Hal pertama, jika keringat sudah kelewat banyak, usahakan sesegera mungkin untuk mengeringkannya. “Stabilkan suhu badan dengan mencari tempat berhawa dingin. Misalnya, tempat ber-AC atau terkena angin. Setelah itu, mandi pakai air dingin untuk hilangkan kotoran agar tak menyumbat pori-pori,” aku dr. Shalina.

Nah, di sekitar kita, ada mitos bahwa ketika berkeringat, dilarang langsung mencuci atau menyiram muka dikarenakan akan menimbulkan biang keringat. Bener enggak tuh? “Nggak bener. Justru, lebih baik langsung keringkan keringat dan langsung mandi kalau bisa. Karena, kulit berkeringat mengandung kotoran. Mudah membentuk kulit mati dan menimbulkan bakteri yang dapat menyumbat kelenjar,” paparnya.

Buat atasi biang keringat di badan, hindari menggaruk langsung bagian yang terkena. Sebab, hal itu bisa memperparah keadaan kulit. Untuk meredakannya, bisa pakai lotion mengandung calamine. “Meski banyak jenisnya, obat yang krim sebaiknya dihindari, karena dapat menyumbat kembali kelenjar keringat. Lebih baik pakai yang ringan sperti lotion atau bedak,” kata dokter yang berpraktik di RS. Awal Baros, Tangerang ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular