Tes Akselerasi Berdasarkan Jarak dan Kecepatan, Jadi Parameter Pembuktikan Motor Bermesin 150 cc Mana Yang Tercepat

Motorplus - Selasa, 8 Juli 2014 | 21:20 WIB

Parameter uji akselerasi yang jadi pengetesan motorplus-online.com selanjutnya diukur berdasarkan jarak dan kecepatan. Ini untuk membuktikan fakta di lapangan, motor bermesin 150 cc mana yang tercepat. Pengetesan mengunakan Vericom tipe VC-3000. Sengaja ketiga motor ini digas rider yang sama, dengan bobot badan 55 kg dan tinggi 168 cm. Jreenngg.. Kira-kira motor mana yang paling kenceng ya?

Oh iya, buat bayangan sobat, tim akan ukur power to weight ratio (PWR) masing-masing motor. Di atas dyno, F-150 punya raihan angka power dan torsi paling kecil. Namun, jika dilihat PWR-nya, Satria paling unggul dengan raihan 7,92 kg/hp. Dengan kata lain, kerja mesinnya lebih ringan. Jadi, setiap 1 hp bertugas menarik bobot 7,92 kg.

Sedang Honda CB150R, meraih angka PWR 8,74 kg/hp. Satu tenaga kuda yang keluar dari mesinnya, harus menggendong bobot yang lebih berat dibanding F-150.  Sementara, NVL punya PWR 8,89 kg/ hp. Paling berat jika dibandingkan dua rivalnya. Namun, apakah  rasio tersebut bisa menjadi jaminan motor bisa melesat dengan lebih cepat?

Usai bolak balik gas pol yang diukur pakai Vericom VC-3000, New V-ixion Lightning yang punya PWR terberat, ternyata justru jadi yang tercepat. Kok bisa gitu ya? Yuk, coba kita telaah. NVL punya konstruksi mesin over stroke alias punya langkah piston lebih panjang dari diameter toraknya. Mesin seperti ini lazimnya punya torsi gede di putaran bawah. Efeknya, tarikan awal biasanya lebih enteng dari mesin over bore.

CB150R berada di posisi kedua. Masih mengungguli raihan waktu Satria F-150 yang saat ini mendominasi di ajang balap. Raihan waktunya hanya berbeda sedikit dibandingkan NVL. Biar lebih jelasnya, silahkan sobat lihat tabel Hasil Test Akselerasi.

Nah, dari hasil tes yang telah EM-Plus lakukan dari tiga sport 150 cc berbeda, hasilnya motor sport masih lebih unggul. Ini berbalik 180 derajat dari kenyataan yang terjadi di dunia balap. Baik soal performa maupun akselerasi, motor tipe sport masih jauh lebih unggul dari bebek underbone andalan Suzuki ini. Trus kenapa sport bisa keok di sirkuit ya?

Lihat tuh baik-baik, Satria F-150 pasti jago di handling. Tim akan menjabarkan beberapa fakta yang membuat motor sport kalah di arena balap (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular