Trik Ganjal Per Bisa Diaplikasi Motor Harian Dengan Foot Step Racing

Motorplus - Jumat, 25 Juli 2014 | 12:29 WIB

Bisa pakai spring klep atau per kopling

Trik ini juga bisa digunakan untuk motor harian yang sudah menggunakan foot step racing. Cara bikinnya gampang, enggak perlu resep khusus. Cukup siapkan satu per klep, ring 10 lebar, dan gergaji besi untuk memotong. Jangan lupa, siapkan juga kunci untuk membuka master rem sesuai motor sobat.

"Di motor sport bisa pake per klep Honda Astrea Grand atau per kopling motor lain. Paling penting, dimensi per lebih kecil dari lubang di bagian bawah master rem," ucap Nopiandi alias Opie, mekanik Ultraspeed Racing yang pakai trik ini di Honda CB150R.

Biar per bisa terpasang di tonjokan master rem, panjang spring harus disesuaikan terlebih dahulu. Potong pegas menggunakan gergaji besi. Untuk motor tipe sport, umumnya panjang per dibuat 4-6 cm. Buat lebih pastinya, sobat bisa ukur sendiri karena panjang tonjokan di master rem bisa berbeda tergantung model footstep racing yang digunakan.

Kalau panjang sudah sesuai, tinggal masukan per ke tonjokan master rem. Lepas dulu master rem dari footstep. Sil debu harus dilepas agar gerakan per tidak terganggu.

Untuk menahan per tetap di posisi-nya, bagian bawah per harus dipasangkan ring. Setelah ring terpasang, baru pasang mur 10 yang mengikat di penonjok master rem. Dengan begitu, per klep yang diaplikasi bisa bekerja dengan sempurna. 

Hasilnya, tuas rem belakang bisa balik lebih cepat. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular