Awas Sisa Makanan Sahur

Motorplus - Sabtu, 26 Juli 2014 | 04:45 WIB

Bau mulut bisa bikin kurang percaya diri

Saat bulan puasa, gangguan kesehatan kerap muncul akibat kurangnya menjaga kebersihan.  Selain pada perut, problem bau mulut adalah yang paling mengganggu. Dokter Linda Nur Cahya yang ditemui di klinik kesehatan Kompas Gramedia Majalah mengatakan, meski mulut yang ‘libur bekerja’ memang bisa menimbulkan bau, tetapi bau mulut juga timbul oleh faktor sisa makanan. Bisa jadi sisa makanan saat sahur.

“Justru bau yang menyengat itu muncul karena orangnya yang tidak menjaga kebersihan mulut,” jelas dr. Linda. Makanan yang berbau yang tajam seperti bawang, daging dan durian juga bisa menjadi penyebab.

“Apalagi kalau ada sisa yang tertinggal di mulut dan tidak dibersihkan,” jelasnya lagi. Penyebab lainnya, adalah masalah yang ada dalam mulut. Diantaranya; gigi dan gusi yang berlubang, sisa akar gigi yang tidak dicabut, gusi yang meradang, ataupun banyaknya karang gigi.

Kondisi tersebut merupakan tempat tertimbunnya bakteri. “Proses pencernaan yang tidak bagus, juga bisa menjadi penyebabnya,” paparnya.

Banyak penyebabnya, tentu ada juga solusinya sob. Untuk mencegah bau mulut, setelah sahur pastikan bro & sist menyikat gigi. Perlakuan ini bisa mencegah sisa makanan setelah sahur tertingal dan jadi kotoran. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular