Custom Honda Vario 125 Dimulai Dari Pemasangan Lampu HID

Motorplus - Senin, 8 September 2014 | 10:26 WIB

Vario 125 perlahan sudah menjadi tren modifikasi skubek masa kini

Honda Vario 125 adalah generasi ketiga dari Honda Vario series. Sebelumnya, Vario generasi pertama launching pada tahun 2006. Setelah 6 tahun berjalan, Honda mengeluarkan Honda Vario 125 ditahun 2012. Kini, Vario 125 mempunyai beberapa varian. Seperti Vario 125 techno, Vario 125 Combi Brake System (CBS), Vario 125 ISS (Idling Stop System).

Kali ini, motorplus-online.com ingin membahas sedikit tentang tips-tips untuk modifikas Vario 125. Seperti pemasangan lampu High Intensive Density (HID). Pada Vario 125 yang sudah menganut sistem kelistrikan DC, tentunya ini sudah cukup mumpuni dibanding kelistrikan AC yang harus mengandalkan putaran mesin. Tidak perlu ganti kiprok DC  lagi seperti skubek-skubek lainnya.

Tentunya, besaran watt HID yang dipakai ini harus sesuai dengan kapasitas lampu standarnya, yaitu 35 watt. Apabila lebih dari itu, maka resiko untuk tekornya aki akan bertambah besar.

Penggantian bohlam dengan LED, bikin irit listrik sekaligus mencegah aki tekor

Pada pemilihan bohlam harus diperhatikan,  jenis bohlam HID untuk Vario 125 ini yang memiliki tipe H6. Besaran watt dari bohlam ini pun harus sama dengan besaran watt yang dipakai di ballast.

“Kalau pakai ballast dengan ukuran 35 watt, bohlam pun harus mengikuti 35 watt. Apabila bohlam pakai 55 watt, maka cahaya yang dipancarkan tidak sempurna. Begitu pun kalau memakai ballast 55 watt, bohlam harus mengikuti 55 watt. Kalau pakai bohlam 35 watt, maka bohlam akan cepat rusak dan menyebabkan panas yang berlebih,” ucap Ari owner bengkel kelistrikan Hokiedokie. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular