Sistem DOHC Di Mesin Balap, Apa Friksinya Bisa Lebih Besar?

Motorplus - Senin, 18 Agustus 2014 | 10:46 WIB

Sistem DOHC, kem langsung mendorong valve

Sistem penggerak katup di mesin 4 langkah yang paling banyak kita tau yakni Single Overhead Camshaft (SOHC) dan Dual/Double Overhead Camshaft alias DOHC. Sistem SOHC tak selalu hanya menganut 2 buah klep. Ada juga yang pakai 4 klep, seperti di Yamaha Jupiter MX135 atau V-ixion.

Bahkan ada juga yang anut 3 klep seperti dulu kalo sobat biker sempat tau, yakni di motor Jamus (motor China). Kini, varian Vespa pun banyak aplikasi 3 valve.

Sementara yang aplikasi sistem DOHC, rata-rata pakai 4 klep. Motor yang pakai sistem ini macam Honda CBR 150R, CBR 250R, Kawasaki New Ninja 250, Yamaha YZF-R25, Suzuki Satria F-150 dan masih banyak lagi. Konon pemakaian sistem DOHC tersebut lebih efektif dalam mereduksi gesekan di bagian kepala silinder, lantaran tidak lagi menggunakan rocker arm. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular