Upgrade New V-ixion Tanpa Bore Up

Motorplus - Selasa, 2 Desember 2014 | 07:30 WIB

Tingkatkan performa Yamaha New V-ixion Lighting. Tapi, ini ramuan upgrade New V-ixion tanpa bore up lho. Triknya masih di sekitar head silinder. Durasi buka tutup noken as atau kem, dimaksimalkan. Seperti yang dilakukan Suhardi alias Kampret, tunner bengkel Camp 49 di Jl. Radio Dalam No. 49, Jakarta Selatan. Ia doyan kilik kem V-ixion untuk harian. Doi juga jamin, peningkatan tenaga yang terjadi bisa cukup signifikan.

“Durasi kem diatur ulang. Untuk kem in dibuat 268. Sedang bagianj ex biasanya dipatok 272,” jelas Kampret yang tidak menyebut angka buka-tutup kem secara detail. Ubahan pada profiil kem tersebut membuat lift klep menjadi tinggi. Sehingga berisiko membuat payung klep mentok kalau tidak disesuaikan. Makanya, posisi payung klep dibuat mendem sebanyak 1 mm dengan memodifikasi bagian sitting klep. Dengan begitu, posisi klep menjadi aman meski lift tinggi.

“Masih ada jarak sekitar 0,5 mm dengan piston saat klep terangkat. Angka segini masih sangat aman,” wanti mekanik yang rajin terjun balap ini. Untuk rasio kompresi mesinnya, Kampret memilih dibiarkan standar. Kompresi standar NVL yang diklaim Yamaha 10,4 : 1 dianggapnya sudah lumayan tinggi. “Sudah cukup untuk penggunaan harian,” tukasnya.

Biar tenaga lebih nendang, kopling dimainkan. Aplikasi per kopling Suzuki Smash yang sedikit lebih keras. Per kopling Smash tidak bisa langsung dipasang karena ukurannya sedikit lebih besar. Jadi, harus membubut rumah kopling agar per kopling Smash bisa terpasang sempurna. (www.motorplus-online.com)

Camp 49 : 0815-1069-6939

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular