Hendriansyah Bikin F-150 Langsung Juara

Motorplus - Jumat, 9 Januari 2015 | 12:40 WIB

Ini dia Suzuki F-150 yang dipakai Hendriansyah. Hendriansyah bikin F-150 langsung juara di seri III Sport 150 cc Indospeed Race Series (IRS) seri III di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, tahun lalu. Baru pertama bergabung di kelas ini, pembalap berjuluk ‘dewa roadrace’ ini langsung sabet podium utama.

Bukan cuma skill Hendri yang luar biasa, tapi Suzuki Satria F-150 yang ditungganginya juga mumpuni. Uniknya lagi, motor ini baru selesai dikorek pada Minggu pagi yang membuat Hendri harus absen di sesi warm up.

“Pagi sudah coba dihidupkan. Tapi, klep seperti mentok kepala piston. Makanya, dibongkar lagi dan baru selesai jam 10.00 WIB. Sampai bela-belain gak tidur nih. Syukur, hasilnya tidak mengecewakan,” beber Hardi ‘Kampret’ yang jadi juru korek tim R9 KYT Racing Team.

Daya tahan mesin jadi konsen utama. Makanya, kompresi hanya dipatok 12,2 : 1 agar tahan melibas 10 putaran Sentul gede. Angka segitu didapat setelah head silinder dipapas sebanyak 1,2 mm, lalu blok silinder dibubut 1 mm. Pistonnya pakai tipe jenong buatan Wiseco.

Untuk mengkail power dahsyat di putaran tengah ke atas, durasi buka-tutup klep dimainkan. Bagian in dibuat 265 yang membuka di 32 sebelum TMA, dan nutup di 53 setelah TMB. Sedangkan buangnya dipatok 270. Membuka 55 sebelum TMB, dan menutup 35 setelah TMA. Kemudian LSA dibikin lebar, yakni 108°, dengan lift 8,3 mm.

Selain durasi kem, lebar payung klep juga ikut dimainkan. Kampret jejali valve berbahan titanium berdiameter 24 mm (in) dan 22 mm (ex). Tapi, per klepnya masih dibiarkan standar pabrik. “Pemasok bahan bakarnya pakai karbu Keihin PWK 28 Sudco. Pilot jet-nya ukuran 65, sedang main jet 130. Ukuran segitu pas buat main di Sentul yang kondisinya saat itu panas, tapi sedikit berawan,” tambah Kampret.

Hendri sendiri bermain pintar di kelas Sport 150 ini. Dari mulai start hingga last lap, pembalap asal Jogja ini cuma menguntit di posisi 3 dan 4 sambil curi-curi angin. Saat rombongan masuk tikungan terakhir, baru deh Hendri gas pol sejadi-jadinya untuk nyodok di urutan terdepan. Hasilnya Hendriansyah bikin F-150 langsung juara. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan/belakang     : FDR 90/80-17

Kampas kopling         : Standar

Knalpot         : R9 Racing

Master rem         : KTC

Steering dumper     : KTC

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular