Honda Tiger Supermoto Untuk Spiderman

Motorplus - Jumat, 19 September 2014 | 09:00 WIB

Bagi Joko Abdilah, salah satu anggota SMI (Supermoto Indonesia), membuat supermoto dengan basis Honda Tiger, punya tantangan tersendiri. Terutama agar motor tetap nyaman dikendarai.

Sadar bukan sesorang modifikator, ubahan rangka dilakukannya sangat hati-hati. Karena bagian ini jadi penentu konsep supermotonya. Pengerjaan frame dialkukan di tukang las dekat rumahnya, “Frame saya bikin ulang dari pipa kanal, dengan tebal 1,8 mm, supaya lebih kuat,” bilang Joko yang mengaku tiru sasis milik Honda CRF250.

Mumpung lagi bikin ulang frame, Joko berburu cover bodi set milik Honda CRF250. Ditebusnya lengkap dari depan ke belakang. “Setelah frame kelar, bodi langsung disetting untuk membuat dudukan cover supaya pemasangannya tepat dan nggak miring,” ungkap pria yang merangkap sebagai bapak kost ini.

Giliran garap kaki-kaki sesuai konsep, Joe (panggilan lain Joko) mendatangi bengkel ADK Garage yang bermarkas di Kedurus 3SD No. 12, Surabaya. Suspensi depan dan swing arm diganti pakai milik Suzuki RM250. Namun harus dilakukan beberapa penyesuaian.

“Sudut rake disesuaikan dengan milik SE, tujuannya supaya pengendalian serta rebound maupun dumping suspensinya terasa pas dan nyaman. Begitu juga pada arm, musti menambahkan beberapa bos ring supaya bisa terpasang sempurna,” bebernya panjang lebar.

Usai kaki-kaki, ADK juga didaulat mengupgrade performa mesinnya. “Karena akan sering dipakai turing, mesin kudu mendukung. Ubahan hanya dilakukan sebatas pergantian piston, as kruk CRF250 dan noken as,” bisik Joko yang menyebutkan kapasitas mesin membengkak jadi 230 cc.

Terakhir, beralir ke decal. Pria yang hobi fotografi ini menyambangi MGS Malang di kawasan Bukit Berbunga Batu. Ordernya motif decal tokoh idolanya Spiderman untuk di sekujur bodi CRF250, “Biar kalau bosan lebih mudah melepasnya, tinggal ganti decal sudah beres,” tutup Joe.

Modifnya lompat-lompat nih macam Spiderman. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : IRC 120/70-17

Ban belakang     : IRC 140/70-17

Pelek depan     : Champ 3.00 x 17 inci

Pelek belakang     : Driv 4,25 x 17 inci

Knalpot     : Custom

ADK         : 08979474999

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular