RX Special Purbalingga Gaya WJS

Motorplus - Rabu, 8 Oktober 2014 | 13:20 WIB

Ari Setiawan dari Vallen Motor (VM), Purbalingga kena virus gaya West Jeteng Style alias WJS. Jarak kota Purbalingga yang hanya 30 kilometer dengan Purwokerto yang kondang dengan besutan WJS, membuat modifikator muda ini tertarik membangun semplakan bergaya buntut cepak ala Kota Mendoan, Purwokerto, Jawa Tengah.

“Bukan hanya motor 4-tak kayak Honda Tiger atau Yamaha Scorpio saja yang bisa dimodif seperti ini. Terbukti desain motor dengan buntut pendek pun bisa diaplikasi pada Yamaha RX Special jadul,” kekeh modifikator yang gemar pelihara rambut alias gondrong ini.

Konsep street fighter (SF) diperagakan apik dengan ubahan bodi singset. Namun sebelumnya, sasis kena permak. Terutama bagian sub frame. Ciri motor SF Purwokerto yang memiliki buntut cepak terlihat simpel dengan sasis baru, matrialnya menggunakan pipa 22,5 mm.

Tulang sub frame ini memang digunakan secara fungsional alias bukan cuma kejar gaya. Caranya, dimulai dengan membuat tubular dari pipa 2 inci pada bagian bawah tangki. Sasis ini menggunakan konstruksi paten atau dilas, ujung depan sasis dilas dibagian belakang komstir. Sedangkan bagian tengah nemplok pada bagian tulang center back bone bawaan motor. Sehingga, sasis dijamin kuat sebagai dudukan sub frame belakang baru.

Selain sebagai dudukan sub frame, sasis bagian tengah ini juga merangkap tempat dudukan tangki dari material fiberglass. Walaupun tangkinya enggak besar, namun sisi kekuatan jadi prioritas agar aman dikendarai.

Sentuhan bodinya juga nongol dibagian buntut. Contohnya, memiliki konsep double seater, namun tetap terlihat pendek karena jok boncenger dibuat kecil. “Cocok dengan lampu stop variasi dan sein mini yang nempel di ujung buntut,” cuap modifikator yang lagi banyak order ini.

Sedangkan lampu depan, modifikator yang punya workshop di daerah Sumilir, Kemangkon, Purbalingga ini pilih model bulat agar kesan simpel lebih menonjol. Kontras dengan postur sok depan bergaya upside down handmade dari pipa 2,5 inci, yang dikasih kelir kuning layaknya peranti limbah moge.

Sementara untuk bagian roda, Ari masih aplikasi komponen sederhana, seperti sepasang pelek variasi dengan model jeruji. Termasuk lengan ayun masih bawaan motor, namun sudah dirombak sedikit modern dengan komponen monosok copotan Suzuki Satria 120 R.

Sip dah! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : Corsa 100/70-17

Ban belakang     : Corsa 120/70-17

Pelek         : Wilwood

Setang         : Handmade

VM         : 0856-01466674

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular