Wajib Senam Leher Setelah Kelamaan Pakai Helm

Motorplus - Minggu, 25 Januari 2015 | 14:00 WIB

Lakukan gerakan masing-masing sebanyak delapan kali

Helm merupakan peranti yang penting berkendara. Tapi kalau kelamaan pakai helm pas jalan jauh otot leher dan bahu bisa tegang. Pakar kesehatan mengibaratkan kepala dan helm seperti bandul. Saat akselerasi, leher akan tertarik dan begitu juga sebaliknya. Makanya, lakukan senam leher setelah lama kelamaan pakai helm

Biker yang pernah mengalami, bro Riyanto. “Memang, kalau lagi riding jauh, sering merasa pegal di otot leher, bahkan pusing,” aku pria asal Tangerang ini.

Johanes Cokrodiharjo, Marketing direktur PT. Danapersadaraya Motor Industry, produsen helm NHK menjelaskan, lamanya penggunaan helm harus diperhatikan. “Meski kuat pakai helm berjam-jam, sebaiknya istirahatkan kepala setiap satu atau dua jam sekali,” jelasnya. Yup, kepala kita kan juga butuh istirahat, sob. Meski Merasa kuat, jangan dihajar riding sekaligus.

Selain itu, ukuran helm juga sangat penting dalam hal ini. “Pilih helm yang pas. Jangan terlalu besar atau kekecilan. Usahakan pilih yang bobotnya ringan, jadi nggak membebani kepala atau leher. Paling bagus bahan karbon,” imbuhnya. “Untuk safetynya, lebih baik lagi yang full face, karena memiliki perlindungan lebih. Tapi ingat, harus yang fit di kepala ya,” imbuh pria berewok ini.

Febby Levi, seorang Personal Trainer dan Nutrition Specialist, memberikan tips senam leher setelah lama kelamaan pakai helm. Beberapa tips gerakan ringan untuk stretching otot leher dan bahu. Gerakannya ini, dinamakan ‘gerakan mematahkan leher’, meski terkesan seram, tetapi bikin rileks. Gerakannya meliputi gerak ke kanan-kiri, atas dan bawah. “Pegang dagu dan kepala dengan tangan, gerakkan kepala ke kanan-kiri, atas dan bawah, masing-masing sebanyak delapan kali,” paparnya.

Gerakan senam leher setelah lama kelamaan pakai helm, mensupport otot trapezius yang ada pada leher, bahu dan tulang pungung, juga stretching agar lebih rileks. Gerakan lainnya, tangan kanan dengan posisi lurus, diarahkan ke kiri. “Ambil hitungan sebanyak delapan kali,” tutup pria yang bekerja di Elite Club, Epicentrum, Jakarta Selatan. Biar seimbang, lakukan gerakan yang sama bagi tangan kiri ya sob. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular