Modifikasi Yamaha Mio Jadi Trail

Motorplus - Sabtu, 1 November 2014 | 08:00 WIB

Biasa menangani modifikasi motor grasstrack dan adventure, bikin Dayat gatal untuk membuat sebuah karya untuk dirinya sendiri. “Biasa buatin motor untuk orang lain, masak buat sendiri nggak punya, hehehe..,” buka Acky sapaan akrabnya.

Berbekal sebuah Yamaha Mio lansiran 2006, Acky mulai menentukan konsep modifikasi yang akan diterapkan. “Sesuai main job bengkel dan agar bisa memenuhi hobi, saya terapkan tema off-road,” tambah ayah 2 anak ini. Wah, kayak gimana ya proses modifikasinya? Yuk, kita simak..

Konsep skubek jalan raya yang diusung Mio sejak lahir, tentunya perlu banyak ubahan untuk diterapkan tema tersebut. Terutama di bagian kaki-kaki, “Untuk suspensi depan saya bubut dan tambah ulir pengganjal sepanjang 5 cm, sehingga sok depan jadi lebih jangkung.

Biar enak dipakai melibas gundukan tanah. Kalau bagian belakang, cuma saya tambah swing arm kanan custom aja,” tambah pria yang sudah cukup lama nyemplung di dunia garuk tanah ini.

Nah, berbicara tentang swing arm custom ini, bisa dibilang sebagai kunci kesaktian dari Yamaha Mio milik Acky. Mampu meningkatkan kestabilan kaki-kaki, “Kalau lagi adventure, kita pasti sering melewati trek bertanah gambut.

Bila enggak pakai swing arm ini, tanah biasanya nempel dan memenuhi roda belakang. Jadi susah jalan. Kalau pakai swing arm itu, jadi bisa maju terus, hehe..,” kekehnya.

Berbeda dengan kaki-kaki yang digarap serius oleh Acky, sektor mesin dan CVT hanya dilakukan sedikit polesan agar tarikan bawah makin sip. "Cuma ganti knalpot free flow, setting karbu dan roller ukuran 5 gram rata," tambahnya lagi.

Oh ya, ngomong-ngomong saat event adventure, motor ini mampu mencuri perhatian pengguna KTM dan Husqvarna lho. Wah, kok bisa ya? “Soalnya kalau trek berat, contoh di suatu stage sehabis melewati sungai, harus langsung nanjak dengan kemiringan nyaris 45 derajat. Motor bertenaga besar kayak KTM, Husqvarna pada kesulitan, sementara motor saya naik terus,” bangganya. Ciyus? (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan

: Corsa 2.75-17

Ban belakang

: Corsa 90/100-17

Knalpot

: CLD

Pelek depan

: OEM Jupiter Z

Optima Motor : 0812-8714-7714

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular