Ninja 250 Slippery Clutch Teknologi Aman Untuk Late Braking

Motorplus - Jumat, 12 Desember 2014 | 16:45 WIB

Ini dia struktur diagram ASC-nya

Motor MotoGP yang larinya kayak ‘setan’ pastinya dituntut perpindahan gigi ke bawah (downshift) secara cepat. Kopling dilepas, efek engine brake-nya bisa bikin roda belakang melintir kehilangan traksi akibat back torque. Makanya, kuda besi MotoGP mengembangkan teknologi yang namanya slipper clutch. Slippery clutch teknologi aman untuk late braking yang bikin putaran mesin saat deselerasi bikin liar roda belakang. 

Selain di MotoGP, Kawasaki kemudian menerapkannya di beberapa produk massalnya macam ZX-6R, Z1000. Terbaru disematkan di moge mininya, New Ninja 250 Special Edition seperti yang EM-Plus pernah ulas perkenalan perdananya di Jepang beberapa edisi lalu. Teknologinya dinamai assist and slipper clutch (ASC)

Itulah yang dirasakan saat tim MOTOR Plus tes di Sentul kemarin (11/12). Waktu ngerem abis dan secara cepat memindahkan gigi tinggi langsung ke gigi rendah, enggak ada efek liar roda belakang. Itu dia, kan slippery clutch teknologi aman untuk late braking(www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular