Head MX 400 CC Edan

Motorplus - Senin, 5 Januari 2015 | 12:12 WIB

Jarang sekali atau bahkan belum ada kepala silinder Yamaha Jupiter MX mengusung klep segede ini. Edan, “Klep isap ukuran 31 mm dan buang 27 mm,” cocor Chandra Sopandi dari bengkel bubut Master Tjendana Bandung, Jawa Barat. Soalnya jumlah klep MX ada 4. Kalo pake klep segede itu, luas kubahnya berape, cuy?

Bukan asal kreasi. Ini karena tantangan dari konsumen Chandra yang masih senang membujang itu. Katanya konsumen minta dibuatkan head MX untuk kapasitas silinder 400 cc. Makanya, harus menggunakan seher gede. “Head ini minimal harus menggunakan seher 78 mm,” jelas Chandra.

Untuk membuat head ini cukup ribet. Rongga aliran air di head harus ditutup, menggunakan las argon. Namun tidak bisa langsung tutup pakai las. Harus dibongkar dulu tutup-tutup rongganya. Selanjutnya aksi las dijalankan.

Setelah itu dilanjut pasang klep 31/27 mm buatan aftermarket. Batang klepnya 5 mm cukup kuat. “Namun wajar pengerjaan ini harus ditebus Rp 3,5 juta,” jelas Chandra yang bisa diajak cuap-cuap di Jl. Rajawali Sakti 2, No. 9, Bandung. Telepon 0811-227-871. Halooo borrr! (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular