Upgrade Performa Bebek Juara Asia 2014

Motorplus - Minggu, 11 Januari 2015 | 05:00 WIB

Gupita Kresna Wardhana dengan ‘kuda ijo’ Kawasaki Edge, berhasil raih titel Juara Asia kelas Underbone 130 cc di seri terakhir Asia Road Racing Championship (ARRC), Losail Internasional Circuit, Qatar (12-14/12) kemari. Selain skill, pembalap tim Kawasaki KYT Rextor Manual Tech ini punya tunner yang tahu cara upgrade performa bebek Juara Asia 2014.

“Karakteristik motor Edge Gupita, lebih bagus dibesut di sirkuit dengan kontur flat seperti Thailand, Sentul dan Qatar. Powernya main di kitiran 9.000. Walau pun begitu, tentu banyak faktor yang mendorong Gupita jadi juara Asia kali ini,” bilang Ibnu Sambodo, begawan mesin 4-tak sekaligus owner tim Kawasaki KYT Rextor Manual Tech. Seperti apa kilikan sang masterpiece, sehingga Gupita dan Edge-nya jadi juara Asia.

Yuk, cekidot intip upgrade performa bebek Juara Asia 2014!

ISI SILINDER

Kapasitas silinder dibore up, lewat aplikasi piston diameter 57 mm lansiran FIM Izumi. Kapasitas mesin jadi 129,05 cc. Seher ini pemasangan dibikin mendem 0,7 mm dari bibir liner saat berada di TMA. Paking head silinder hanya pakai setebal 0,3 mm. Dengan kubah head yang ditata ulang, rasio kompresi mesin diseting di kisaran 11,5 – 12 : 1, sesuai sirkuit. Kompresi tadi untuk melayani bahan bakar dengan oktan 95 atau Ron 98.

HEAD

Di dalam kepala silinder, diisi noken as dengan durasi in-ex 280 derajat. “Lobe Sparation Angle (LSA) dibikin 102 derajat. Karakter mesin jadi imbang antara tengah-atas,” cetus Pakde, sapaan Ibnu Sambodo. Kubah yang dibikin semi hemi, diisi klep in 29 mm dan ex 24 mm lansiran aftermarket. Di bagian lubang in dan ex, dibikin halus tapi enggak mengkilap pakai amplas 80.

KARBU & PENGAPIAN

Saat di Qatar, aplikasi karburator UMA Racing 28 yang dijejalkan pilot jet 30 dan main jet 125. Untuk membakar campuran bensin dan udara, CDI ditugaskan pada Rextor Pro-Drag II. “Aplikasi CDI ini sangat recommended. Dengan koil standar Kaze, pengapian sudah besar,” bilang Pakde, yang buka workshop berngaran Kawasaki Manual Tech di kawasan Jl. Kaliurang Km.8,4, Ngaglik, Sleman, Jogjakarta.

RASIO TRANSMISI

Melesat kencang di trek Losail Internasional Circuit, Qatar yang punya karakter naik-turun, Edge dibekali kombinasi gearbox gigi 1 (16/39 mata), gigi 2 (18/30 mata) dan gigi 3 (20/27 mata), gigi 4 (23/23 mata) yang merupakan standar Edge. Dikombinasi final gear 16 mata di depan dan 38 mata di belakang. (www.motorplus-online.com)

Data modifikasi :

Klep          : EE

Koil          : Kawasaki Kaze

Karburator    : UMA Racing

CDI           : Rextor Pro-Drag II

Piston        : FIM Izumi

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular