Rahasia Korekan Jupiter MX Maharani Sang Pembantai

Motorplus - Sabtu, 28 Februari 2015 | 12:00 WIB

Yamaha Jupiter MX yang diberi nama Maharani ini sungguh berbahaya. Berani ‘membantai’ motor-motor yang meramaikan ajang balap malam. Track record motor bikinan bengkel Vokus Maju Motor ini terbilang bagus, karena sering menang di setiap pentasnya. Bahkan, lawannya sering motor sekelas Suzuki Satria F-150 sampai motor 2-Tak yang notabennye punya tenaga lebih besar. Wew! Biar enggak penasaran kita kupas rahasia korekan Jupiter MX Maharani sang pembantai.

Rahasia korekan Jupiter MX Maharani sang pembantai pertama ada di bagian blok silinder. Dijejali seher berdiameter 68 mm bikinan LHK untuk dongkrak kapasitas jadi lebih besar. Gak cukup sampai di situ, stroke turut dinaikkan jadi 68 mm (standar 58,7 mm). Alhasil, volume silinder bengkak hingga 246,8 cc (dibulatkan jadi 250 cc).

Biar pantat piston gak mentok, bandul kruk as dan pucuk piston gak menghajar head, stang seher diganti pakai milik Yamaha RX-King. Kompresinya juga dibikin lebih padat dengan perbandingan 12,2 : 1.

Sedangkan untuk mengail asupan gas deras dan agar pembuangan lancar guna mengimbangi kapasitas mesin yang membengkak, ditancap klep berukuran 25,5/22 mm (in/ex). Lalu, durasi kem in dibikin jadi 260 derajat, sedang ex-nya 270 derajat. “Trus inletnya gue bikin gede dengan diameter 32 mm, karena gue sesuain sama venturi karbu. Sementara, exhaust portnya gue bikin 30 mm,” jelas Untung Pangestu, sang mekanik bengkel yang berdiri di Jl. Layur, Pulogadung, Jakarta Timur ini.

Ternyaya itu rahasia korekan Jupiter MX Maharani sang Pembantai(www.motorplus-online.com)

Data Modifikasi:

Ban depan : FDR DraX 50/90-17

Ban belakang  : IRC Eat My Dust 60/80-17  

Sok belakang  : YSS

Knalpot   : AHM

Vokus Maju Motor : 0812-8827-7245

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular