Colin Edward Bilang Ban Michelin Butuh Penyesuaian

Motorplus - Jumat, 6 Februari 2015 | 11:20 WIB

Colin Edward ditunjuk Michelin sebagai test rider untuk mengembangkan ban MotoGP tahun 2016. Michelin sudah menandatangani kontrak dengan MotoGP sebagai pemasok ban tunggal menggantikan Bridgestone. Setelah melakukan berbagai percobaan, Colin Edward bilang ban Michelin butuh penyesuaian gaya balap. Karakter ban akan sedikit berbeda.

"Penyesuaian dalam gaya menikung itu wajib. Sebab, ban akan kembali menggunakan diameter 17 inchi. Ini artinya kontak antara ban ke aspal akan kembali berbeda. Makanya, butuh penyesuaian untuk bisa lebih cepat dengan ban Michelin," ucap Edward.

Colin Edward juga bilang ban Michelin butuh penyesuaian pembalap khususnya di roda depan. Sebab, pada roda depan pembalap benar-benar mengandalkan feeling. Beda dengan ban belakang yang bisa dibantu berbagai peranti elektronik. Sehingga pembalap harus benar-benar melakukan penyesuaian dan adaptasi agar dapat hasil maksimal.

Performa ban Michelin juga bisa dilihat dari hasil pengetesan test rider Ducati, Michele Pirro di sirkuit Valencia, Spayol. Catatan waktunya hanya 0,2 detik lebih lambat dari best timenya di sirkuit yang sama saat menggunakan ban Bridgestone. Sedangkan Colin Edward yang bilang ban Michelin butuh penyesuaian, berhasil catatkan waktu lebih baik saat mengitari sirkuit Motegi, Jepang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular