Pasang Sokbreker Terbalik Boncenger Terlempar

Motorplus - Selasa, 3 Maret 2015 | 18:00 WIB

Warning! Jangan asal saat memasang sok belakang motor. Apalagi sampai sengaja memasangnya terbalik. Apapun alasannya, ini berbahaya. Pasang sokbreker terbalik boncenger terlempar. Ini jadi efek negatif dari sok yang dipasang terbalik.

“Kalau dipasang terbalik sudah pasti sok akan berefek memantul. Sebab, area peredam kejut yang seharusnya di bawah akan pindah ke atas. Apalagi, seharusnya bagian itu terisi oleh oli yang meredam gaya tarik. Karena terbalik, jadi terisi oleh udara akibat oli pindah ke bawah. Itu yang menyebabkan sok memantul,” ucap Budi Sugiyanto, QA Division Head PT Showa Indonesia (SI).

Pasang sokbreker terbalik boncenger terlempar memang tidak akan terasa di jalan yang mulus. Baru terasa jika lewat jalan keriting, melibas lubang atau saat menikung. Kalau saat menikung di jalan keriting, ban belakang akan bergeser atau slip karena rebound sok terlalu cepat. Biar lebih ngerti, kita harus paham sistem kerja sok belakang.

Sok belakang bisa dibilang terdiri dari dua bagian yang berfungsi vital. Yakni per atau pegas di bagian luar dan tabung yang berisi oli di bagian dalamnya. Keduanya punya fungsi yang berbeda dan sama-sama penting.

Ambil contoh saat motor melindas lubang di jalan. Pegas akan menahan beban ke arah bawah saat motor melindas lubang. Jadi, gerakan ke arah bawahnya bisa direduksi oleh pegas. Sedangan tabung yang berisi oli, berfungsi sebaliknya. Dengan bantuan oli, tabung ini menahan sok agar tidak berbalik ke arah atas terlalu cepat. Jadi, efek mantulnya bisa tereduksi.

Dengan penjelasan itu, sekarang jadi paham kan kenapa sok belakang tidak boleh dipasang terbalik? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular