Karisma Fanc Club Bikin Pelantikan Mirip Sidang Skripsi

Motorplus - Jumat, 3 April 2015 | 11:50 WIB

Dalam rangka pengkaderisasian anggotanya, Karisma Fans Club (KaFC) Jakarta melaksanakan kegiatan pelantikan anggota baru. Kegiatan pelantikan anggota baru ini dilaksanakan pada (28/02-01/03) di Pantai Sawarna Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Uniknya, Karisma Fanc Club bikin pelantikan mirip sidang skripsi

(KaFC) merupakan komunitas Honda Karisma yang berdiri sejak 12 Oktober 2003. Hingga saat ini telah melaksanakan pelatikan anggota baru hingga puluhan kali dengan total jumlah anggota yang pernah dilantik ratusan orang.

“Memang banyak teman-teman bikers bilang, kalau pelantikan jadi anggota KaFC itu parah, seram dan keras. Padahal sih kalau dijalanin ya nggak seperti itu, kita malah pada lucu-lucuan, ceng-cengan, mengedepankan kebersamaan dan memberikan pembekalan kepada peserta yang akan dilantik,” ujar Agus Sigit Wicaksono, Dewan Penasehat KaFC yang tidak pernah absen setiap ada acara pelantikan anggota baru.

Untuk nuansa pembeda dari pelantikan sebelumnya, kali ini calon anggota dibagi per kelompok. Peserta yang mengikuti pelantikan pada siang harinya mengikuti praktek trouble shooting. Sepeda motor Honda Karisma milik peserta sebelumnya dibongkar dengan dipreteli bagian roda, kelistrikan dan knalpotnya. Kemudian peserta diminta untuk memasangnya kembali dengan diberikan waktu selama satu jam, tetapi selama pengerjaan dipandu oleh panitia yang paham akan sepeda motor Honda Karisma.

“Untuk praktek trouble shooting memang sudah sejak dulu kami terapkan dalam setiap kali pelantikan anggota baru. Kegiatan ini bertujuan agar setiap peserta mempunyai bekal dalam mengatasi sepeda motornya ketika sedang mengalami trouble di tengah jalan,” sambut Pepenk Arifin, Ketua Umum KaFC Jakarta.

Karisma Fanc Club bikin pelantikan mirip sidang skripsi karena puncak acara pelantikan diisi dengan ujian sidang yang digelar pada malam harinya. Enam orang peserta pelantikan menggunakan kemeja hitam putih serta dasi layaknya akan sidang skripsi dan menggunakan Pin One Heart sebagai simbol pecinta sepeda motor Honda.

Satu persatu peserta membacakan presentasi mereka yang berisikan seputar sejarah Karisma Fans Club (KaFC), sejarah Honda Karisma Club Indonesia (HKCI) dan sejarah Asosiasi Honda Jakarta (AHJ). Visi dan misi peserta pelantikan menjadi anggota KaFC, serta biodata pribadi mereka juga ikut dibacakan di depan forum yang dihadiri oleh anggota KaFC Jakarta.

Bagi KaFC, pelantikan anggota baru itu bukanlah sebagai ajang pembeda antara senior dengan junior, ataupun sebagai ajang pemberian doktrin kepada calon anggota. Yang benar adalah sebagai kegiatan pemberian pembekalan kepada calon anggota, agar nantinya ketika mereka sudah menjadi anggota tetap KaFC maka mereka akan siap menempatkan diri dimanapun dan siap menjalankan roda organisasi dengan baik. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular