Silvano Galbusera Buka Perubahan Yamaha YZR-M1 Yang Dipakai Valentino Rossi

Motorplus - Selasa, 21 April 2015 | 20:15 WIB

Level sekelas Valentino Rossi tetap saja enggak puas dengan motor yang dipakai. Puncaknya saat musim 2014. Pengaruh besar setelah masuknya Silvano Galbusera yang menggantikan Jeremy Burges, sebagai Chief Mechanic untuk kubu The Doctor. Nah, Silvano Galbusera buka perubahan Yamaha YZR-M1 yang dipakai Valentino Rossi.

“100 persen berubah. Selama 2013 Rossi merasa bukan motor yang diinginkannya,” ujar Silvano yang sudah 18 tahun menangani Yamaha dan BMW di World Superbike.  

Nih, Silvano Galbusera buka perubahan Yamaha YZR-M1 yang dipakai Valentino Rossi.

1. Geometri

Silvano buka perubahan Yamaha YZR-M1 yang dipakai Valentino Rossi paling dasar ada di geomtri. “Sejak 2014 perubahan 90% di YZR-M1 ada di geomtri. Valentino kepingin motor bisa dikendalikan. Ini menyangkut sudut rake, trail, dan posisi setang,” beber Silvano. Silvano juga bilang geometri motor bisa juga berubah total melihat karakter sirkuit.

 2. Rem Depan

(kiri) Komponen rem depan YZR-M1 versi 2014 dan (kanan) komponen versi 2015. Perbedaannya tiang pegangan cakram dan ada cover sok di versi 2015 yang dua bagian ini dianggap gejala ban depan YZR-M1
yang bergetar saat ngerem jadi hilang

“Valentino minta banget ubah ulang bagian rem depan. Feelingnya enggak dapat saat memaksakan late braking karena ban depan selalu bergetar. Awal pengecekan enggak tahunya bukan masalah di rangkaian komponen sokbreker depan, tapi beberapa komponen rem yang enggak pas dengan gaya braking Rossi,” jelas Silvano yang selalu merahasiakan umurnya

3. Bisa Sliding Saat Di Tikungan

Permintaan Valentino Rossi supaya Yamaha YZR-M1 bisa sliding dan stabil saat di tikungan. “Bisa sliding untuk mengimbangi gaya balapnya Marc Marquez. Tanpa sliding, Rossi akan susah untuk bisa seirama dengan Marquez karena teknik menikung Marquez unik. Perubahan ini menyangkut atur ulang control traksi yang selama ini berpengaruh bikin motor tidak bisa sliding,” tutup Silvano. (www.motorplus-online.com)     

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular