Trik Kopling Yamaha R25 Pakai 6 Per

Motorplus - Jumat, 22 Mei 2015 | 11:12 WIB

Dari Pabriknya, Yamaha YZF-R25 dibekali rumah kopling dengan hub dan plat penekan dengan 4 per. Dalam prakteknya, buat para penggila kecepatan dan akselerasi, rumah kopling bawaan ini terasa kurang mengigit. Tapi, itu bukan bermasalah lho. Coba trik kopling Yamaha R25 pakai 6 per

Trik kopling Yamaha R25 pakai 6 per dilakukan Vemmy Supradono, salah satu personel komunitas R25 Bali. Bapak 2 anak ini terapkan bore up sehingga kapasitas mesin jadi 300 cc.

Vemmy bilang dengan kapasitas yang sekarang ini, tenaga yang tersalur kurang sempurna. Maklum, data terakhir di mesin dyno membukukan catatan torsi 29 Nm di 9.000 rpm dan power hingga 45 dk. Weeekksss..!! Akselerasi bengis itu harus tersalur sempurna ke roda belakang. Untuk alasan itulah Vemmy menebus satu set sistem kopling SYS. “Satu setnya Rp 1,2 juta “ ungkap pria asal Surabaya, Jawa Timur ini.

Part ini terdiri dari plat penekan, hub kopling dan satu set kanvas kopling. Untuk rumah kopling yang menjadi satu dengan gigi sekunder, masih tetap menggunakan aslinya. Proses pemasangannya pun gampang. Untuk tugas ini, Makros Sholeh dari Bengkel Pro Tuner di Denpasar, Bali, dipercaya menginstalnya.

Pertama, keluarkan oli dari mesin lalu lepaskan tuas kopling dari pengaitnya beserta 12 baut pengunci Bak kopling dengan menggunakan T-8. Setelah itu, akan terlihat ruumah koplingnya yang terikat 4 buah baut. Lepaskan dengan menggunakan kunci T-10. Dilanjutkan melepas plat penekan kopling tersebut dan sekalian pelat dan rumah koplingnya.

Untuk melepaskan hub kopling di tengah rumah kopling, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kunci 27 mm. Dan tentu saja kunci khusus untuk menahan rumah kopling. “Kalo tidak ada kunci khusus bisa diganjal, tapi jangan sampai meleset,” wanti Soleh. Jika sudah terbuka, monggo dilepaskan hub kopling tersebut.

Kelar itu ambil hub kopling beserta kanpas kopling dan plat penekan SYS tadi. Kencangkan sesuai langkah pembongkaran dan jangan lupa dilumasi terlebih dahulu. Setelah memasang keenam per kopling dan menguncinya, selanjutnya adalah memasang bak kopling dan tuasnya.

“Jika bak kopling sudah terpasang, jangan langsung diisi oli dulu ya! Coba dulu tekan tuas koplingnya apakah sistem kopling sudah berfungsi,” tukas Pria asli Jember ini. “Dari pengalaman selama ini, kadang kopling tidak main karena per terlalu rapat,” jelas Soleh.

Tapi jangan kawatir, itu bisa disiasati dengan mengganjal keenam baut per kopling di dalam tadi dengan menggunakan ring. Setelah itu, coba kembali hingga spelingnya. Kelar terpasang, EM-Plus langsung jajal motor Vemmy. Waw.., walau pakai 6 buah per, tapi tuas kopling tidak terasa berat saat ditekan. Akselerasinya pun terasa sangat menyentak.

Mantap kan trik kopling Yamaha R25 pakai 6 per! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular