Modifikasi Kawasaki KLX 150 Ala Spesial Engine

Motorplus - Minggu, 2 Agustus 2015 | 05:30 WIB

Taner Wibowo, owner toko sekaligus bengkel SMS Motor Mabur (SMSMM), Wonosobo, Jawa Tengah, sedang tergila-gila main adventure. Kali ini yang dijarah semplakan milik sendiri. Secara konsep, pria yang akrab disapa Bowo ini mengacu pada speksifikasi khas adventure yang mudah untuk handling. Makanya doi konsen merubah komponen kaki-kaki dari limbah Special Engine (SE). Jadi, enggak salah kalau modifikasi Kawasaki KLX 150-nya ala spesial engine.

Meski mengusung konsep modifikasi Kawasaki KLX 150 ala spesial engine, untuk bodi masih dibiarkan standar. Hanya pakai komponen lampu depan dan sepatbor variasi branded. Komponen ini pun comot di tokonya sendiri, maklum juragan variasi khusus motocross. Makanya selain untuk dipakai nyusruk ke hutan, motor ini juga betah nongkrong di depan toko. Maksudnya jadi maskot untuk menarik pengunjung, hehehe...

KAKI-KAKI

Buat memenuhi tuntutan modifikasi Kawasaki KLX 150 ala spesial engine, sokbreker depan comot punya Honda CR 85. “Aplikasi ini mengejar bentuk dengan postur layaknya SE, namun fungsional. Bentuknya lebih pendek dari limbah SE125, jadi kaki mudah menggapai tanah tidak perlu jinjit saat antri,” buka pria yang punya gerai variasi dan bengkel di Jl. Serayu No. 10, Wonosobo ini.

Penerapan ajrutan depan ini memakai trik ubahan laher komstir. Caranya, tetap menggunakan laher komstir Kawasaki KLX 150 agar sok depan sekaligus segitiga CR 85 bisa terpasang dengan baik. Sedangkan untuk komponen belakang, Bowo pede racik kombinasi lengan ayun Suzuki RM80 keluaran lawas termasuk sokbrekernya.

TAMPILAN

Sebagai penunjang tampilan agar makin mirip dengan motor SE, performa bodi menggunakan racikan kombinasi dari SE. Contohnya bodi bodi yang standar ditambah lampu depan KTM 250 original, termasuk sepatbor depan-belakang variasi berlabel Accerbis. Sepatbor ini hanya perlu braket sederhana, kuat dipakai lompat di hutan.

DECAL

Aplikasi bodi ini menggunakan sistem bolt on, sehingga tidak merusak konstruksi sasis dan mudah dalam penerapan. Tak heran secara estetika terlihat dinamis, apalagi dipadu decal handmade dengan metode digital printing yang modern. Nah biar maksimal, setang comot Renthal dipadukan foot steep YZ 85. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI:

Ban depan     : IRC 70/100-19

Ban belakang  : IRC 100/100-16

Pelek depan   : TK 1.85X17

Pelek belakang : TK 2.15X17

Setang        : Renthal

Lampu depan   : KTM 250

Karburator    : Keihin pwk 28

Knalpot       : Pro Cirkuit

Swing arm     : RM 80

Sok depan     : CR 85

SMSMM         : 0813-2727-888

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular