Asal Usul Kaki Pembalap Turun Sebelum Nikung

Motorplus - Senin, 27 Juli 2015 | 20:00 WIB

Menarik mencari tahu asal usul kaki pembalap turun sebelum nikung. Dulu gerakan khas ini cuma dimiliki oleh Valentino Rossi. Wajar aja, karena dulu cuma Rossi yang menggunakan teknik ini. Namun, beberapa tahun kebelakang banyak pembalap muda yang mengikuti gerakan yang dibilang Rossi enggak punya maksud apa-apa ini. Bahkan, pembalap Indonesia seperti M Fadli juga menggunakan teknik menikung ini saat tampil di ARRC Sentul beberapa waktu lalu.

Banyak pengamat yang mencari tahu asal usul kaki pembalap turun sebelum nikung. Akhirnya disepakati, gerakan ini dibuat oleh Valentino Rossi. Pertama kali muncul di seri MotoGP Jerez tahun 2005 saat Rossi menabrak Sete Gibernau di tikungan terakhir. Banyak pengamat gerakan kaki turun tersebut muncul secara spontan. Sebab, posisi motor Rossi masuk terlalu dalam dan dirinya butuh hal untuk menyeimbangkan motor. Oleh sebab itu muncul gerakan yang disebut 'Rossi Leg Wave' ini.

Pertama muncul di duel Rossi vs Gibernau saat GP Jerez tahun 2005

Menariknya lagi, saat ditanya Rossi mengaku tidak tahu mengapa dirinya melakukan hal tersebut. Ini cuma menjadi sebuah kebiasaan tanpa maksud apa-apa. Namun, justru banyak pembalap yang mengikuti gerakan ini. Jeremy Burgess yang dulu menjabat chief mekanik Rossi menjabarkan data yang didapat. Dari data digital yang didapat pada tikungan yang sama, tidak ada perbedaan saat Rossi menurunkan kaki ataupun saat kakinya tetap di pedal. Data yang didapat menunjukan waktu pengereman yang sama, tekanan yang sama dan juga distribusi bobot yang sama. Tidak ada hal spesial.

Para ilmuwan juga sempat mencari tahu menggunakan teori ilmu fisika tentang gerakan ini. Hasilnya tetap tidak ada yang berbeda. Semua hanya faktor kebiasaan saja. Bisa jadi demikian. Ini cuma faktor kebiasaan dan kenyamanan pembalap di atas motor. Sebab, Jorge Lorenzo bisa mencatatkan waktu cepat tanpa melakukan Rossi Leg Wave. Lorenzo memang dikenal sebagai pembalap yang punya gaya riding nyaris sempurna. Hampir tidak pernah Lorenzo menurunkan kakinya dari footstep menjelang tikungan. Jadi, gerakan ini tidak menjamin pembalap bisa lebih cepat.

Dari tulisan ini sobat jadi tahu asal usul gerakan kaki pembalap turun sebelum nikung. Jadi tahu juga siapa yang membuat dan apa fungsinya. Semoga jadi info bermanfaat dan enggak bikin penasaran lagi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular