5 Cara Cerdas Memilih Kredit Motor

Motorplus - Minggu, 6 September 2015 | 08:48 WIB

Membeli motor secara kredit hingga sekarang masih disukai masyarakat dibandingkan membeli motor secara tunai. Tentu banyak alasan kenapa masyarakat lebih memilih membeli secara kredit. Yang jelas, lebih nyaman di kantong karena membelinya dengan cara nyicil alias enggak langsung bayar sekaligus. Betul enggak? Buat yang brniat membeli motor secara kredit, ada 5 cara cerdas memilih kredit motor yang bagus.  

Saat ini banyak leasing atau perusahaan pembiayaan yang menawarkan kredit motor dengan beragam trik dan tawaran promo yang menarik.  Namun, tidak semua leasing memiliki kredibilitas yang baik atau dapat dipercaya selama periode angsuran.  Jika di cermati lebih jauh,, tidak semua promo menguntungkan bagi konsumen loh. Makanya sobat harus hati-hati dalam memilih leasing yang berkualitas. Biar enggak muncul penyesalan, langsung aja nih simak 5 cara cerdas memilih kredit motor yang bagus dan berkualitas.

1. Pilih Tipe Motor dan Cek Harga Pasaran

Sebelum mengajukan kredit motor, ada baiknya tetapkan dulu tipe motor apa yang akan dipilih. Ada jenis bebek, matic, atau motor sport. Cari tahu kelebihan masing-masing tipe motor, dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan isi kantong sobat. Selanjutnya, silahkan cek harga pasaran motor bisa melaluin media massa, browsing di internet, atau informasi lain.  Namun, jika Anda tidak ingin ribet, ada solusi untuk memilih tipe motor sekaligus mengetahui harganya, Buka aja website khusus informasi produk keuangan dan pembiayaan seperti Cermati.com. Dijamin informasi yang didapat bisa lebih akurat sob!

2. Besarnya Uang Muka

Banyak leasing atau lembaga pembiayaan menawarkan kredit motor dengan uang muka yang rendah. Namun, jika memungkinan menyiapkan uang muka yang lebih besar tentu lebih baik. Jumlah uang muka yang lebih besar membuat jangka waktu kredit sobat tidak terlalu lama. Jadi, beban cicilannya yang harus dibayar bisa lebih cepat selesai dan kondisi keuangan sobat bisa kembali normal.

3. Pilih Leasing Atau Lembaga Pembiayaan Yang Sesuai

Untuk kredit motor, biasanya pihak dealer masing-masing merek motor telah memiliki lembaga pembiayaan resmi.  Namun, mencari informasi kredit motor melalui lembaga pembiayaan lain merupakan solusi jika Anda ingin membandingkan besaran bunga yang ditetapkan.  Cari lembaga pembiayaan yang ternama seperti Adira Finance atau CS Finance. Jika dicermati, masing-masing lembaga pembiayaan memiliki standar yang sama dari segi pelayanan. Kalaupun ada perbedaan hanya pada fasilitas besarnya bunga yang diberikan serta jangka waktu pembiayaan. Pastikan sobat telah memiliki pertimbangan tersendiri sebelum memilih lembaga pembiayaan untuk mengajukan kredit motor. Tentunya supaya tidak memberatkan keuangan selama periode cicilan tersebut.

4. Minta Bunga Tetap

Pada saat pengajuan kredit motor, pastikan Anda meminta bunga tetap atau fixed interest rate. Ini untuk mencegah perubahan pembayaran cicilan kredit setiap bulan jika suku bunga Bank Indonesia naik.  Jumlah pembayaran cicilan yang tetap selama jangka waktu angsuran akan memudahkan sobat mengatur keuangan selama masa cicilan berlangsung.

5. Pilih Marketing Yang Paling Kooperatif

Biasanya setiap pengajuan kredit akan di follow up oleh tim marketing lembaga pembiayaan yang dipilih.  Tim marketing ini sangat menentukan apakah permintaan kredit yang diajukan disetujui atau tidak oleh lembaga pembiayaan tersebut.  Ada baiknya sobat memilih marketing yang memberikan pelayanan terbaik. Baik saat sobat memilih tipe dan jenis motor, menginformasikan harga motor, serta membantu memilih tipe motor sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan.  Marketing yang kooperatif akan membuat sobat merasa nyaman, yakin, serta puas dengan jenis motor pilihan yang kelak akan disetujui oleh pihak lembaga pembiayaan. Dan pastikan sobat tidak membayar apapun sebelum menerima unit motor sesuai dengan perjanjian.  Hal ini untuk mencegah penipuan yang kerap terjadi pada konsumen baru kredit motor yang relatif belum memahami alur pembayaran awal kredit motor.

Pelajari Tips Mudah yang Diberikan

Meskipun pengajuan kredit motor relatif lebih mudah dibanding kredit mobil, namun ada baiknya sobat telah mengantongi 5 tips cerdas memilih kredit motor sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan agar tidak timbul penyesalan di kemudian hari.  Jika sobat tidak mempunyai cukup waktu untuk memilih dan mencari kredit motor yang sesuai, ada baiknya sobat mencoba solusi yang lebih mudah dan cerdas. Sobat bisa kunjungi situs perbandingan kredit motor Cermati.com.  Cermati.com memberikan informasi mulai dari pilihan jenis dan tipe motor, informasi tipe motor terbaru, harga dan simulasi kredit motor honda, kredit motor Yamaha, dan kredit motor Suzuki. Anda juga bisa mengajukan kredit secara online, yang tentunya lebih praktis dan ekonomis. (www.motorplus-online.com

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular